Pengaruh Matos Terhadap Stabilisasi Tanah Lempung Desa Mintin Dengan Semen Untuk Perkerasan Jalan Raya

  • Rasmia Noor Janah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Rida Respati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Norseta Ajie Saputra Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: tanah lempung, stabilisasi, semen, pasir, matos

Abstract

Tanah merupakan dasar dari suatu struktur atau konstruksi, baik itu konstruksi bangunan maupun jalan raya. Sifat-sifat tanah yang buruk atau kurang menguntungkan bila digunakan untuk suatu bangunan atau konstruksi antara lain, plastisitas yang tinggi, kekuatan geser yang rendah, dan potensi kembang susut yang besar. Seperti tanah lempung Desa Mintin yang memiliki nilai CBR dan UCS yang rendah karena dominan butiran halus sehingga mudah dipengaruhi oleh air. Guna mengatasi permasalahan yang ada pada tanah lempung ini, akan dicoba stabilisasi dengan menggunakan semen dan ditambah matos sebagai bahan kimia dan diharapkan mampu memperbaiki dan memenuhi syarat teknis. Pada prosedur penelitian ini dibagi menjadi 3 tahap yaitu penelitian awal meliputi analisa saringan, dan indeks plastisitas, setelah diketahui bahwa tanah tersebut tanah berbutir halus maka dilakukan penelitian kedua yaitu menambahkan campuran pasir 50% terhadap berat isi kering tanah kemudian dilakukan pengujian plastisitas (PI) ≤ 10%. Setelah didapatkan nilai PI ≤ 10% maka dilakukan penelitian tahap akhir yaitu penambahan semen 10% dan campuran matos 0, 4, 8 dan12% terhadap berat isi kering tanah pasir kemudian diuji CBR dan UCS. Hasil penelitian menunjukan bahwa stabilisasi semen ditambah matos dapat memperbaiki sifat fisik dan mekanik tanah lempung, pada sifat fisik berat volume, kadar air, berat jenis, dan batas-batas Atterberg mengalami penurunan setelah dilakukan stabilisasi. Sementara, pada sifat mekanik tanah lempung menjadi semakin baik. Dari hasil campuran semen 10% dan campuran 0, 4, 8, dan 12% matos, campuran yang paling baik terdapat pada 4% penambahan matos untuk nilai CBR, sedang untuk nilai UCS campuran yang paling baik terdapat pada 8% penambahan matos.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rasmia Noor Janah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Alumni Prodi Teknik Sipil Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Rida Respati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Lecturer of Civil Engineering Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Norseta Ajie Saputra, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Lecturer of Civil Engineering Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Andriani, dkk. (2012). Pengaruh Penggunaan Semen sebagai Bahan Stabilisasi pada Tanah Lempung Daerah Lambung Bukit terhadap Nilai CBR Tanah, Jurnal Rekayasa Sipil, Fakultas Teknik Universitas Andalas,Vol.8, No. 1, Februari 2012 ISSN: 1858-2133.
Hardiyatmo, H.C. (2006). Mekanika Tanah I. Edisi keempat. Gajah Mada University Press. Yogyakarta.
Hardiyatmo, H.C.(2010). Stabilisasi Tanah Untuk Perkerasan Jalan.Gajah Mada University Press. Yogyakarta.
Hasanuddin. (2011). Analisa Pemakaian Matos Sebagai Bahan Tambah Pada Stabilisasi Tanah Lempung Dengan Kapur. Tesis. Program Studi Teknik Sipil. Universitas Islam Riau.
Heliade. (2010). Kuat Tekan Bebas Tanah Lempung Palangka Raya Distabilisasi Dengan Campuran Pasir dan Semen. Penelitian Skripsi. Program Studi Tenik Sipil, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Muda. (2011). Stabilisasi Tanah Lempung Bukit Rawi Menggunakan Pasir dan Semen. Tesis. Program Studi Megister Teknik Sipil. Universitas Lambung Mangkurat. PT. Watukali Capita Ciptama. Matos Book. PT. Watukali Capita Ciptama, Yogyakarta.
Saputra, (2012). Kekuatan Geser Antarmuka Laterit Palangkaraya Dan Geotekstil Berdasarkan Uji Geser Langsung. Tesis Program Studi Megister Teknik Sipil. Universitas Lambung Mangkurat.
Widodo T., Qosari R.I. (2011).Efektifitas Penambahan Matos pada Stabilisasi Semen Tanah berbutir halus. Jurnal Teknik Universitas Janabadra Yogyakarta, Vol. 1, No. 2, Oktober 2011 ISSN: 2088–3676
Published
2017-12-01
How to Cite
Janah, R. N., Respati, R., & Saputra, N. A. (2017). Pengaruh Matos Terhadap Stabilisasi Tanah Lempung Desa Mintin Dengan Semen Untuk Perkerasan Jalan Raya. Media Ilmiah Teknik Sipil, 6(1), 01-07. https://doi.org/10.33084/mits.v6i1.1455

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>