Dasar-Dasar Pertimbangan Pembangunan Jalan Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan

  • Noor Jasmani Politeknik Islam Syekh Salman Al-Farisi
Keywords: Volume Jalan, Sistem Perencanaan, Jalan Kabupaten, Perkerasan Jalan

Abstract

Mengimbangi peningkatan laju pertumbuhan lalu lintas berkaitan dengan pertumbuhan kepemilikan kendaraan yang angkanya jauh lebih besar dari perkembangan volume jalan, peningkatan pembangunan jalan baik dari segi kuantitasnya maupun kualitasnya pada pembahasan ini lebih dibahas pada sesi kualitasnya dalam hal penyiapan prasarana suatu jaringan jalan yang memadai termasuk di dalamnya sistem perencanaan perkerasan jalan, dalam penelitian ini fokusnya pada jalan kabupaten, jalan ini lebih khusus karena pengelolaannya dilakukan oleh pimpinan daerahnya setempat. Perencanaan suatu konstruksi perkerasan jalan yang efisien sesuai dengan tingkat kebutuhan lalu lintas sudah sewajarnya diperlukan, pada pelaksanaannya peran serta sumber daya manusia terkait dengan teknis perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya sangat membantu keberhasilan program ini.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Noor Jasmani, Politeknik Islam Syekh Salman Al-Farisi
Lecturer of Mining Engineering Politeknik Islam Syekh Salman Al-Farisi

References

Bina Marga, 2012, Petunjuk Teknik Survey dan Perencanaan Teknik Jalan Kabupaten, Departemen Pekerjaan Umum.
Bina Marga, 2007, Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya dengan metode Analisa Komponen, SKBI 2.3.26.2007, Departemen Pekerjaan Umum, Jakarta.
Bina Marga, 2008, Pedoman Teknis Penyusunan Design Jalan Kabupaten yang sudah ada, Departemen Pekerjaan Umum.
Hanafi, 2003. Comparative Study of Flexible Pavement Designs in Great Britain and Indonesia, M.Sc. Dissertation, unpublished.
Salem P. Sihombing, 2011, Stabilisasi Tanah, Seminar Road Engineering Modul II, Ikatan Nasional Konsultan Indonesia, Jakarta.
Published
2018-06-01
How to Cite
Jasmani, N. (2018). Dasar-Dasar Pertimbangan Pembangunan Jalan Kabupaten di Provinsi Kalimantan Selatan. Media Ilmiah Teknik Sipil, 6(2), 102-108. https://doi.org/10.33084/mits.v6i2.251