Analisis Hambatan Samping Pada Ruas Jalan Kinibalu Palangka Raya (Studi Kasus: STA 0+250 – Sta 450)

  • Ryco Prawira Purba Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Nirwana Puspasari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Novrianti Novrianti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya https://orcid.org/0000-0003-4354-2275
Keywords: Hambatan Samping, Volume Lalu Lintas, Tingkat Kinerja, Derajat Kejenuhan

Abstract

Jalan Kinibalu Kota Palangka Raya memiliki tipe jalan tak terbagi yaitu: Jalan perkotaan dua-lajur dua-arah. Pengguna jalan sebagian besar adalah pelaku transportasi lokal dalam kota yang dominan menggunakan kendaraan pribadi, dan sebagian dilayani angkutan umum. Sebagian ada juga yang berjalan kaki di sekitar ruas jalan tersebut. Penelitian ini bertujuan menganalisa ruas jalan Kinibalu untuk mengatasi kinerja jalan tersebut. Data yang digunakan untuk keperluan analisis tersebut digolongkan menjadi dua yaitu data primer diperoleh dari survey geometrik persimpangan, survey arus lalu-lintas, dan survey hambatan samping dan data sekunder berupa peta lokasi dan data jumlah penduduk. Analisis data untuk ruas jalan kota menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI, 1997). Berdasarkan hasil dari analisis terhadap ruas jalan Kinibalu Kota Palangka Raya dengan menggunakan MKJI 1997, dapat disimpulkan bahwa hambatan samping yang terjadi pada jalan Kinibalu Kota Palangka Raya termasuk kelas hambatan samping tinggi dengan jenis hambatan samping yang paling dominan yaitu kendaraan parkir atau berhenti dan pada siang hari terdapat PKL (pedagang kaki lima) di sekitar ruas jalan. Akan tetapi ruas jalan Kinibalu tersebut masih layak berfungsi dan terjadinya kemacetan hanya pada saat jam puncak puncak (peak hour) berlangsung saja. Untuk mengatasi hal tersebut, dapat di berikan tanda rambu dilarang parkir di sekitar jalan, serta pemeliharaan zebra cross yang masih ada.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ryco Prawira Purba, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Student of Civil Engineering Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Nirwana Puspasari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Senior Lecturer of Civil Engineering Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Novrianti Novrianti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Lecturer of Environmental Engineering Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Anonim. (1997). Manual Kapasitas Jalan Indonesia. Direktorat Jendral Bina Marga Indonesia. Jakarta
Badan Pusat Statistik. (2015). Statistik Kependudukan Kota Palangka Raya 2015. Badan Pusat Statistik Kota Palangka Raya. Palangka Raya.
Funan, Gideon. Antoni. dkk. (2014). Studi Kinerja Jalan Akibat Hambatan Samping Di Jalan Timor Raya Depan Pasar Oesao Kabupaten Kupang. Jurnal Teknik Sipil Vol. III No 1 April 2014. Fakultas teknik jurusan Teknik Sipil FST Undana-Kupang. Kupang
Morlok, E.K. (1991). Pengantar Teknik dan Perencanaan Transportasi. Erlangga. Jakarta
Rauf, Herman. dkk. (2015). Analisa Kinerja Lalu Lintas Akibat Besarnya Hambatan Samping Terhadap Kecepatan Dengan Menggunakan Regresi Linier Berganda (Studi Kasus Ruas Jalan Dalam Kota Pada Segmen Jalan Lumimuut). Jurnal Sipil Statik Vol.3 No.10 Oktober 2015 (669-684) ISSN: 2337-6732. Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi Manado. Manado
Sondakh, Gallant. Marunsenge. dkk. (2015). Pengaruh Hambatan Samping Kinerja Pada Ruas Jalan Panjaitan (Kelenteng Ban Hing Kiong) Dengan menggunakan Metode MKJI 1997. Jurnal Sipil Statik. Vol.3 no.8 Agustus 2015 (571-582). ISSN: 23337-6732.
Fakultas Teknik Jurusan Sipil Universitas Sam Ratulangi Manado. Manado
Susanto, Edy. Tataming. dkk. (2014). Analisis Besar Kontribusi Hambatan Samping terhadap Kecepatan Dengan Menggunakan
Model Regresi Linier Berganda (Studi Kasus: Ruas jalan dalam kota segmen ruas jalan sarapung). Jurnal Sipil Statik. Vol.2 no.1 Januari 2014. (29-36). ISSN: 2337-6732. Fakultas teknik jurusan sipil universitas sam ratulangi manado. Manado.
Published
2017-12-01
How to Cite
Purba, R. P., Puspasari, N., & Novrianti, N. (2017). Analisis Hambatan Samping Pada Ruas Jalan Kinibalu Palangka Raya (Studi Kasus: STA 0+250 – Sta 450). Media Ilmiah Teknik Sipil, 6(1), 61-71. https://doi.org/10.33084/mits.v6i1.256

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>