Analisis Waktu dan Biaya dengan Metode Crash Duration pada Keterlambatan Proyek Pembangunan Jembatan Sei Hanyu Kabupaten Kapuas

  • Wateno Oetomo Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
  • Priyoto Priyoto Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
  • Uhad Uhad Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Keywords: Metode Crash Duration, jembatan, cost slope

Abstract

In analyzing the comparison of the cost of acceleration with the acceleration time used by the method Time Cost Trade Off. The analysis is done by using / shortening (crashing) time of implementation by using an alternative to increase working hours (overtime) for 3 hours. With apply the TCTO analysis, the implementation of the construction of the Sei Hanyu Bridge project after its duration performed calculations using the crash duration method, it was found that the time needed to accelerate the construction of the Sei Hanyu Bridge in Kapuas Regency for 1038 calendar days(148 weeks), can be accelerated 44 days from the original planning 1082 calendar days (155 weeks). With the acceleration of the completion of the construction of the Sei Hanyu bridge in Kapuas Regency, an additional fee of Rp. 175,160,710.43 is required with an additional cost (cost slope) of Rp 3,980,925.24 per day for 44 days, so the optimal costs needed to accelerate the construction of the Sei Hanyu bridge in Kapuas Regency was Rp. 45,102,729,928.11 originally planned for Rp.44,927,569,217.68

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Wateno Oetomo, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Pegawai Negeri Sipil Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Priyoto Priyoto, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Pegawai Negeri Sipil Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Uhad Uhad, Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Pegawai Negeri Sipil Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

References

Ali. Tubagus Haedar, 2007, Prinsip-prinsip Network Planning, Penerbit Gramedia, Jakarta.
Badri. Sofyan. 1997, Dasar-Dasar Network Planning, Penerbit Rineka Cipta, Jakarta.
Buluatie. Nurhadinata, 2013, Optimalisasi Biaya dan Waktu dengan Metode Time Cost Trade Off pada Proyek Revitalisasi Gedung BPS Kota Gorontalo, Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol.1, No.1, Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo.
Chusairi. Moch.. Mas Suryanto HS, 2015, Studi Optimasi Waktu Dan Biaya Dengan Metode Time Cost Trade Off Pada Proyek Pembangunan Gedung Tipe B Smpn Baru Siwalankerto, Rekayasa Teknik Sipil Vol 2 Nomer 2/rekat/15 (2015), 09 – 15.
Dipohusodo. Istimawan. 1996, Manajemen Proyek Dan Konstruksi Jilid I, Penerbit Kanisius, Jakarta.
Dipohusodo. Istimawan. 1996, Manajemen Proyek Dan Konstruksi Jilid II, Penerbit Kanisius, Jakarta.
Ervianto. Wulfram I, 2002, Manajemen Proyek Konstruksi, ANDI, Yogyakarta. Frederika. Ariany, 2010, Analisis Percepatan Pelaksanaan dengan Menambah Jam Kerja Optimum pada Proyek Konstruksi, Jurnal
Ilmiah Teknik Sipil Vol.14, No.2.
Gunawan Rudy, 1987, Tabel Profil Konstruksi Baja, Kanisius Edisi Revisi.
Kusrianto. Adi, 2007, Pengantar Desain Komunikasi Visual, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Leach. L.P., 2000, Critical Chain Project Management. Artech House, Boston.
Lumbanbatu. Jevri Krisanto, Syahrizal, 2013, Akselerasi Durasi Proyek Pada Pembangunan Gedung Sekolah Yayasan Pelita Bangsa Yang Berlokasi di Jl.Iskandar Muda Medan, Departemen Teknik Sipil, Universitas Sumatera Utara, Medan
Pamungkas. Rita Nawangsari & Hidayat. Rizki Taufik, 2011, Analisis Time Cost Trade Off Pada Proyek Konstruksi, Universitas Diponegoro, Semarang.
Santosa. Budi. 1997. Manajemen Proyek, Guna Widya, Jakarta.
Santosa. Budi, 2003, Manajemen Proyek, Guna Widya, Surabaya.
Soeharto. Iman, 1999, Manajemen Proyek (Dari Konseptual sampai Operasional), Erlangga Jakarta. Soeharto. Imam, 2005. Manajemen Konstruksi, Penerbit Bina Ilmu, Jakarta.
Sudharta. Teguh Arifmawan, 2011, Optimasi Waktu Pelaksanaan Proyek Konstruksi dengan Penambahan Jam Kerja (Studi Kasus: Hotel Penin Sula Bay Resort). Jurnal Ilmiah Teknik Sipil, Universitas Udayana, Denpasar.
Wateno Oetomo , 2014 , Materi Kuliah Manajemen Proyek Konstruksi
Yasin, Makmun dan Akhmad, 2003, Pengaruh Investasi dan Tenaga Kerja terhadap PDB Sektor Pertanian, Kajian Ekonomi dan Keuangan, Vol. 7, No. 3 Sept. 2003.
1987, Pedoman Prencanaan Pembebanan Jembatan Jalan Raya, Badan Penerbit pekerjaan Umum, Jakarta.
Published
2017-12-01
How to Cite
Oetomo, W., Priyoto, P., & Uhad, U. (2017). Analisis Waktu dan Biaya dengan Metode Crash Duration pada Keterlambatan Proyek Pembangunan Jembatan Sei Hanyu Kabupaten Kapuas. Media Ilmiah Teknik Sipil, 6(1), 8-22. https://doi.org/10.33084/mits.v6i1.262