Stabilisasi Tanah Manyawang untuk Meningkatkan Daya Dukung (Cbr) Sebagai Lapis Pondasi Pekerasan Jalan Lungkuh Layang - Buntok

  • Bambang Raharmadi Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat
Keywords: CBR, tanah lokal, distabilisasi semen, pondasi perkerasan jalan

Abstract

Prosedur yang dilakukan dalam pengujian ini adalah mencampur bahan tanah lokal dengan variasi kadar semen 5%, 6%, 7%, 8%, dan 9% terhadap berat kering tanah berdasarkan Standar Nasional Indonesia (SNI). Untuk mengetahui sifat fisik dan mekanik dilakukan uji terhadap tanah lokal dan campuran tanah-semen berupa pemadatan standar, dan CBR pemeram 3 hari dengan perendaman 4 hari. Tujuan dari penyusunan makalah ini adalah untuk mengetahui kontribusi semen terhadap nilai CBR untuk meningkatkan mutu tanah lokal agar dapat digunakan sebagai lapis pondasi perkerasan jalan. Hasil uji material tanah lokal dusun Manyawang terhadap pengujian distribusi ukuran butir memenuhi syarat yang diijinkan untuk digunakan sebagai material stabilisasi tanah semen, termasuk kelompok CL-ML yaitu lanau tak organik, lempung kepasiran dengan plastisitas rendah berdasarkan klasifikasi tanah sistem USCS sedangkan menurut klasifikasi tanah sistem AASHTO termasuk pada kelompok A-4 yaitu tanah lempung lanau dengan plastisitas rendah dengan indek plastisitas 6,21% ≤ 10% syarat yang ditentukan. Berat isi kering maksimum (dmax) 1,855 t/m3, kadar air optimum (Wopt) 13,0 % dengan daya dukung (CBR100) 9,40%. Hasil pengujian lapis pondasi tanah semen didapat kadar semen optimum (PCopt) 7%, dengan nilai CBRoptimum 120% ≥ 120% nilai target yang disyarat (Spesifikasi Umum 2010, revisi 3), berat isi kering maksimum dmax 1,864 t/m3 dan kadar air optimum (Wopt) 11,60%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Bambang Raharmadi, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat

References

Badan Standar Nasional, 2008, Cara Uji Penentuan Kadar Air Untuk Tanah Dan Batuan Dilaboratorium (SNI 1965-2008). Jakarta
Badan Standar Nasional, 2008, Cara Uji Penentuan Batas Cair Tanah (SNI 1967- 2008). Jakarta
Badan Standar Nasional, 2008, Cara Uji Penentuan Batas Plastisitas dan Indeks Plastisitas Tanah (SNI 1966-2008). Jakarta
Badan Standar Nasional, 2008, Cara Uji Analisis Butir Tanah (SNI 3423-2008). Jakarta
Badan Standar Nasional, 2009, Cara Uji Kepadatan Ringan Untuk Tanah (SNI 03- 1742-1989). Jakarta
Badan Standar Nasional, 1989, Metode Pengujian CBR Laboratorium (SNI 03-1744-1989). Jakarta
Badan Standar Nasional, 1994, Tata Cara Pembuatan Stabilisasi Tanah Dengan Semen Portland Untuk Jalan (SNI 03-3438-1994). Jakarta
Badan Standar Nasional, 2002, Metode Pengujian Hubungan Antara Kadar Air Dan Kepadatan Pada Campuran Tanah-Semen (SNI 03-6886-2002). Jakarta
Das, 2008, Advanced Soil Mechanics. Third Edition. Publishing by Taylor & Francis. New York, U.S.A
Hardiyatmo, H.C, 2010, Stabilisasi Tanah Untuk Perkerasan Jalan, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Hardiyatmo, HC, 2006, Mekanika Tanah 1, Edisi Keempat, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.
Hendarsin, 2000, Perencanaan Teknik Jalan Raya. Penerbit Politeknik Negeri Bandung
Kementerian Pekerjaan Umum, 2006, Manual Konstruksi dan Bangunan Lapis Pondasi Tanah Semen
Nugroho, 2008, Stabilisasi Tanah Gambut Rawapening Dengan Menggunakan Campuran Portland Cement Dan Gypsum Sintesis (CaSO42H2O) Ditinjau Dari Nlai
California Bearing Ratio (CBR). Jurnal Teknik Sipil & Perencanaan UNNES. Nomor 2 vol. 10 Juli 2008 Hal. 161-170
R, Bambang, 2011, Pengaruh Semen Terhadap Peningkatan Kekuatan Tanah Sebagai Pondasi Perkerasan Jalan, Tesis Program Pasca Sarjana Teknik Sipil Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin
Saodang H, 2005, Konstruksi Jalan Raya, Nova, Bandung
Pusat Litbang Prasarana Transportasi Badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pekerjaan Umum, 2014, Spesifikasi Umum 2010 revisi 3. Jakarta
Published
2016-12-01
How to Cite
Raharmadi, B. (2016). Stabilisasi Tanah Manyawang untuk Meningkatkan Daya Dukung (Cbr) Sebagai Lapis Pondasi Pekerasan Jalan Lungkuh Layang - Buntok. Media Ilmiah Teknik Sipil, 5(1), 15-29. https://doi.org/10.33084/mits.v5i1.330