Meningkatkan Hasil Belajar Materi Akar Pangkat Tiga Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VI SDN 4 Pasir Panjang Semester 1

Improving Three Through Root Learning Learning Outcomes Through Jigsaw Type Cooperative Learning Models In Grade VI Students SDN 4 Pasir Panjang Semester 1

Authors

  • Pesta Linda

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1109

Keywords:

Hasil Belajar Materi Akar Pangkat Tiga, Model Pembelajaran Kooperatif, Tipe Jigsaw

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Peningkatan akivitas peserta didik kelas VI SDN 4 Pasir Panjang Semester I. (2) Mengetahui hasil belajar kelas VI SDN 4 Pasir Panjang. Metode yang digunakan peneliti adalah menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes dengan populasi 28 peserta didik kelas VI SDN 4 Pasir Panjang. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar peserta didik kelas VI SDN 4 Pasir Panjang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw lebih aktif, (2) ada peningkatan hasil belajar materi akar pangkat tiga pada peserta didik kelas VI SDN 4 Pasir Panjang melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Budiyono,Budi Usodo &Yemi Kuswardi.2012.Model,Media dan Evaluasi Pembelajaran Matematika.Surakarta:UNS
Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
http:///sunartombs.wordpress.com/2009/06/15/pengertian-dan-penerapan-metode-jigsaw: Diakses pada tanggal 07 Maret 2012
http://carapedia.com/model_pembelajaran_jigsaw_info587.html : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012
http://infoini.com/2012/pengertian-metode-jigsaw.html : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012
Irma Pujiati . 2008 .Peningkatan Prestasiidan KetuntasanBelajar Matematika Melalui Pembelajaran KooperatifTipe JIGSAW . Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. I, No. 1
John W, Santrock. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba
Kanwa Publisher. Muhadi. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Shira Media.
Mega Irhamna. 2009 . Cooperative Learning dengan Model JIGSAW pada Pembelajaran Matematika Kelas VII SMP Negeri 2 Delitu. Jurnal Penelitian Kependidikan , Tahun 19,Nomor 2, Oktober 2009
Muslich, Masnur. 2009. Melaksanakan PTK itu Mudah (Classroom Astion Research) Pedoman Praktis bagi Guru Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Nanik Pudjowati . 2009 . Implementasi Model JIGSAW (Student Teams Achievement Divisions )SebagaiUpayaPeningkatanApresiasi HAM PadaPeserta DidikKelas VI SMP 1. JurnalLemlit, Volume 3, Nomer 2, Desember 2009
Paul M La Bounty dkk . 2011 . International Society of Sports Nutrition position stand: meal frequency.springer.com (20 September 2012)
Pembelajaran Kooperatif Tipe JIGSAW . 2011 . http://www.sarjanaku.com ( 24 September 2012 )
Rosdakarya. Daryanto. 2010. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Rusman.2011.Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionaisme Guru.Jakarta:Rajawali Pers.
www.kabarpendidikan.blogspot.com,www.arminaperdana.blogspot.com,www.kmpmalang.com : Diakses pada tanggal 07 Maret 2012’
Zaini, Hisyam dkk. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta : Pustaka Insan Madani, 2006.

Downloads

Published

2019-11-18

How to Cite

Linda, P. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Akar Pangkat Tiga Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VI SDN 4 Pasir Panjang Semester 1: Improving Three Through Root Learning Learning Outcomes Through Jigsaw Type Cooperative Learning Models In Grade VI Students SDN 4 Pasir Panjang Semester 1. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1109