Upaya Meningkatkan Ketrampilan Guru Dalam Membuat RPP K13 Melalui Bimbingan Langsung Di SDN-1 Sakabulin

Efforts To Increase Teacher Skills In Making RPP K13 Through Direct Guidance In SDN-1 Sakabulin

Authors

  • Ruslan Ruslan

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1112

Keywords:

Ketrampilan Guru, RPP K13, Bimbingan Langsung

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru dalam menyusun rpp k13 melalui bimbingan langsung  di SDN 1 Sakabulin. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Jenis metode pengumpulan data terdiri dari tes, angket atau kuesioner, interview, observasi, skala bertingkat, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru kelas yang ada di SDN 1 Sakabulin, baik yang sudah pegawai negeri sipil maupun yang  masih  wiyata bakti. Jumlah seluruh dewan guru yang menjadi subyek penelitian adalah  8 orang. Pada pra siklus ini di hasilkan skor 78, artinya Ketrampilan Guru Dalam menyususn RPP K13 kurang baik, maka perlu di lanjutkan siklus I untuk lebih miningkatkan lagi Ketrampilan Guru Dalam menyusun RPP K13. Pada siklus I, guru sudah mulai faham dan mampu menyusun RPP k13 walaupun belum maksimal karena skor yang di dapat dari hasil observasi adalah 152 dengan kriteria Skor maksimal tiap guru: 3X 9= 27 Skor maksimal semua guru 8 X 27= 216 Skor harapan 75% X 216= 162, yang berarti Ketrampilan Guru Dalam menyususn RPP K13 cukup baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anonim,1999. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Anonim, 2007. Pedoman Bantuan Langsung (Block Grant) Pelaksanaan Penelitian Tindakan Bagi Pengawas Sekolah
Anonim, 2008. Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan sekolah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah SMA/SMK. Jakarta : Departemen Pendidikan
Basuki,Wibawa. 2003. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Pendidikan
Dasar dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan. Departemen Pendidikan Nasional, 2003. Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan
SMA/SMK. Jakarta : Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar
dan Menengah Direktorat Tenaga Kependidikan. Anonim, 2005. Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Guru dan Dosen. Jakarta : Cemerlang.
Nasional Direktorat Jendral PMPTS. Arikanto S dan S. Supardi, 2006, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Nasional. Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jendral Departemen Pendidikan Nasional.
______, 2006. Kumpulan Materi Perbekalan Profesi Bagi Jabatan Fungsional Pengawas Sekolah dan Kepala Sekolah, Dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Pendidikan, Direktorat Tenaga Kependidikan.
______, 2007. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
______, 2008. Petunjuk Teknis Penelitian Tindakan Sekolah (School Action Research) Peningkatan Kompetensi Supervisi Pengawas Sekolah SMA/SMK. Jakarta : Direktorat Jenderal
Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Direktorat Tenaga Kependidikan.

Downloads

Published

2019-11-18

How to Cite

Ruslan, R. (2019). Upaya Meningkatkan Ketrampilan Guru Dalam Membuat RPP K13 Melalui Bimbingan Langsung Di SDN-1 Sakabulin: Efforts To Increase Teacher Skills In Making RPP K13 Through Direct Guidance In SDN-1 Sakabulin. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 13–17. https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1112