Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Ketrampilan Guru Dalam Menerapkan Metode Saintifik Di SDN-3 Kumai Hilir

Academic Supervision Implementation To Improve Teacher Skills In Applying Saintific Methods In SDN-3 Kumai Hilir

Authors

  • Huldiansyah Huldiansyah

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1113

Keywords:

Supervisi Akademik, Ketrampilan Guru, Metode Saintifik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan ketrampilan guru menerapkan metode saintifik  di SDN 3 Kumai Hilir dalam pelaksanaan supervisi akademik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian siklus I yakni hasil skor yang di dapatkan guru-guru SDN-3 Kumai Hilir  adalah 11 dengan skor maksimal 15 dan skor harapan 11  maka kemampuan Guru-guru SDN-3 Kumai Hilir dalam menerapkan metode saintifik sudah tergolong baik. Pada siklus II, hasil skor meningkat. Adapun hasil skor yang di dapatkan guru-guru SDN-3 Kumai Hilir pada siklus 2 meningkat menjadi 14 dengan skor maksimal 15 dan skor harapan 11  maka kemampuan guru-guru SDN-3 Kumai Hilir dalam menerapkan metode saintifik sudah tergolong baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, Ary H.. Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1996
Jerry H. Makawimbang.” Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan”. 2011, Alfabeta, Bandung
Mulyasa, E.. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Ed.I. Cet. III; Jakarta Bumi Aksara, 2013
Onisimus Amtu, “Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah, Konsep, Strategi dan Implementasi”. 2011, Alfabeta, Bandung
Pidarta, Made. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Ed. I. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1992
Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Cet. XXI; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI, makalah pada Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di LPMP Makasar, Maret 2005
Suhardjono. 2009. Tanya jawab tentang PTK dan PTS, naskah buku.
Suharsimi, Arikunto. 2002. Penelitian Tindakan Kelas, Makalah pada Pendidikan dan Pelatihan (TOT) Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsionla Guru, 11-20 Juli 2002 di Balai penataran Guru (BPG) Semarang.
Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Wahyudi. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Cet.II; Bandung: Alfabeta, 2009

Downloads

Published

2019-11-18

How to Cite

Huldiansyah, H. (2019). Pelaksanaan Supervisi Akademik Untuk Meningkatkan Ketrampilan Guru Dalam Menerapkan Metode Saintifik Di SDN-3 Kumai Hilir: Academic Supervision Implementation To Improve Teacher Skills In Applying Saintific Methods In SDN-3 Kumai Hilir. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 18–22. https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1113