Pendekatan Saintifik Metode Diskusi Dan Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Tema 1 Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Sidorejo

Approach To Science And Discussion Association Methods In Improving Thematic Learning Outcomes 1 In Through Grade III Students Of State 1 Sidorejo

Authors

  • Muhammad Syarbini

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1116

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Metode Diskusi dan Tanya Jawab, Hasil Belajar Tematik Tema 1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar tematik tema 1 pada siswa kelas III SD Negeri 1 Sidorejo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dan tes. Hasil penelitian siklus I yakni Tindakan Pendekatan Saintifik Metode Diskusi Dan Tanya Jawab pada siklus I ini guru memberikan penegasan mengenai penekanan motivasi siswa untuk memotivasi siswa agar belajar rajin, dimana guru akan menjabarkan beberapa hal yang bisa membuat siswa termotivasi untuk belajar. Selain itu guru juga menguatkan mental siswa. Pada siklus II, tingkat ketuntasan belajar siswa sudah sesuai dengan harapan atau sudah mencapai batas yang telah ditentukan.. Pendekatan Saintifik Metode Diskusi Dan Tanya Jawab mampu meningkatkan Hasil Belajar tentang fable pada peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Gunawan, Ary H.. Administrasi Sekolah: Administrasi Pendidikan Mikro. Cet. I; Jakarta: Rineka Cipta, 1996
Jerry H. Makawimbang.” Supervisi dan Peningkatan Mutu Pendidikan”. 2011, Alfabeta, Bandung
Mulyasa, E.. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah, Ed.I. Cet. III; Jakarta Bumi Aksara, 2013
Onisimus Amtu, “Manajemen Pendidikan di Era Otonomi Daerah, Konsep, Strategi dan Implementasi”. 2011, Alfabeta, Bandung
Pidarta, Made. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Ed. I. Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara, 1992
Purwanto, M. Ngalim. Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Cet. XXI; Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
Suhardjono. 2005. Laporan Penelitian Eksperimen dan Penelitian Tindakan Kelas sebagai KTI, makalah pada Pelatihan Peningkatan Mutu Guru di LPMP Makasar, Maret 2005
Suhardjono. 2009. Tanya jawab tentang PTK dan PTS, naskah buku.
Suharsimi, Arikunto. 2002. Penelitian Tindakan Kelas, Makalah pada Pendidikan dan Pelatihan (TOT) Pengembangan Profesi bagi Jabatan Fungsionla Guru, 11-20 Juli 2002 di Balai penataran Guru (BPG) Semarang.
Suharsimi, Suhardjono dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : PT Bumi Aksara
Wahyudi. Manajemen Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Organisasi Pembelajar (Learning Organization). Cet.II; Bandung: Alfabeta, 2009

Downloads

Published

2019-11-18

How to Cite

Syarbini, M. (2019). Pendekatan Saintifik Metode Diskusi Dan Tanya Jawab Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Tema 1 Pada Siswa Kelas III SD Negeri 1 Sidorejo: Approach To Science And Discussion Association Methods In Improving Thematic Learning Outcomes 1 In Through Grade III Students Of State 1 Sidorejo. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 23–26. https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1116