Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Cooperative Tipe Group Investigation Pada Kelas X MA Miftahul Jannah Palangka Raya

Efforts To Improve Economic Student Learning Outcomes Using Cooperative Type Group Investigation Models In Grade X MA Miftahul Jannah Palangka Raya

Authors

  • Muhammad Anshori Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Essy Susanti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1120

Keywords:

Hasil Belajar Ekonomi, Cooperative tipe Group Investigation

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) mengetahui aktivitas peserta  didik  dalam  pembelajaran  ekonomi dengan menggunakan model cooperative tipe group investigation, (2) mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar ekonomi peserta didik kelas X dengan menggunakan model cooperative tipe group investigation di MA Miftahul Jannah Palangka Raya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan metode investigasi dan kerjasama kelompok pada subjek penelitian. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan tes. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Aktivitas belajar peserta didik dengan menggunakan model cooperative tipe group investigation peserta didik menjadi sangat baik yaitu siklus I rata-rata skor 1,85 dengan kategori cukup baik dan pada siklus II rata-rata skor 3,85 dengan kategori sangat baik, (2) Adanya peningkatan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Ekonomi di kelas X MA Miftahul Jannah Palangkaraya. Data hasil belajar peserta didik pada proses pra tindakan (pre test) memperoleh rata-rata 41 dengan ketuntasan klasikal  23,1%, sedangkan pada siklus I memperoleh rata- rata 62 dengan ketuntasan klasikal 53,8%, dan pada siklus II mengalami adanya peningkatan yaitu, memperoleh rata-rata 74 dengan ketuntasan klasikal 89,7%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Muhammad Anshori, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Essy Susanti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineke Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Diplan, dan Setiawan, MA. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish
Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperative Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kunandar. 2009. Guru Profesional. Jakarta: Rajawali Pers.
Kunandar. 2012. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Guru, Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Muliawati, Weni. 2010. Ilmu Ekonomi. Jakarta: Kencana.
Rudianto. 2007. Ilmu Ekonomi. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Rusman. 2013. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer Mengembangkan Profesionalisme Guru Abad 21. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Pregresif Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2019-11-18

How to Cite

Anshori, M., & Susanti, E. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Cooperative Tipe Group Investigation Pada Kelas X MA Miftahul Jannah Palangka Raya: Efforts To Improve Economic Student Learning Outcomes Using Cooperative Type Group Investigation Models In Grade X MA Miftahul Jannah Palangka Raya. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1), 37–45. https://doi.org/10.33084/neraca.v5i1.1120