Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Example Non Example Berbantuan Media Pembelajaran Audio Visual Pada SMP Negeri 6 Palangkaraya

Efforts To Improve IPS Learning Results Using The Example Non Example Model Based On Audio Visual Learning Media In SMP 6 Palangkaraya

Authors

  • Endang Sri Estimurti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Hardianti Hardianti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v5i2.1421

Keywords:

Hasil Belajar IPS, Example Non Example, Audio

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas belajar peserta didik, (2) Peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan model Example Non Example berbantuan media pembelajaran Audio Visual pada pembelajaran IPS di kelas VII-4 SMP Negeri 6 Palangka Raya. Metode  penelitian  yang  digunakan  pada  penelitian  ini  adalah  metode  Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah kelas VII-4 SMP  Negeri 6 Palangka Raya  dengan subjek sebanyak 31 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan model Example Non Example berbantuan media pembelajaran Audio Visual pada peserta didik kelas VII-4 SMP Negeri 6 Palangka Raya  berkategori sangat baik, yaitu aktivitas belajar peserta didik pada siklus I dengan skor rata-rata 2,95 dengan kategori baik dan siklus II dengan skor rata- rata 3,72 dengan kategori sangat baik, sehingga aktivitas peserta didik pada siklus II telah mencapai indikator keberhasilan, (2) Peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) setelah menggunakan model Example Non Example berbantuan media pembelajaran Audio Visual di kelas VII-4 SMP Negeri 6 Palangka Raya . Hal ini terlihat dari data hasil belajar peserta didik pada saat pre test memperoleh nilai rata-rata 40 dengan ketuntasan klasikal 6,45%, post test siklus I memperoleh nilai rata-rata 58 dengan ketuntasan klasikal 41,93 dan pada siklus II meningkat dengan nilai rata-rata menjadi 73 dengan ketuntasan klasikal 87,09%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Endang Sri Estimurti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Hardianti Hardianti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Diplan, dan Setiawan, MA. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish
Fatmawati & Karyanti. 2018. Efektivitas Layanan Konseling Individu Dengan Pendekatan Realitas Untuk Pemantapan Peminatan Pada Peserta Didik SMAN-2 Palangkaraya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2):18-21.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Kunandar. 2013. Langkah Mudah penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi guru. Jakarta: PT Raja Grafindo
Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Setiawan, M Andi & Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI Ips Sma Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Suprijono, Agus. 2016. Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM. Yoyakarta: Pustaka Pelajar Undang-Undang Pendidikan No 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Surti, Wayan & Muhammad Jailani. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dan Media Kartu Tebak Kata Pada Peserta Didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2):14-28.

Downloads

Published

2020-05-29

How to Cite

Sri Estimurti, E., & Hardianti, H. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Menggunakan Model Example Non Example Berbantuan Media Pembelajaran Audio Visual Pada SMP Negeri 6 Palangkaraya: Efforts To Improve IPS Learning Results Using The Example Non Example Model Based On Audio Visual Learning Media In SMP 6 Palangkaraya. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 22–26. https://doi.org/10.33084/neraca.v5i2.1421