Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning (Google Classroom)

Analysis Of E-Learning (Google Classroom) Learning Media

Authors

  • Diplan Diplan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Zona Ratih Alkindi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v5i2.1422

Keywords:

Penerapan, Media Pembelajaran, E-Learning (Google Classroom)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui  pemahaman mahasiswa  terhadap penggunaan e-learning (Google Classroom) dalam menunjang pembelajaran pada mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi semester IV Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan prosedur penelitian Observasi dan Wawancara. Hasil penelitian terhadap 5 orang Mahasiswa menunjukan bahwa pemahaman terhadap penggunaan e-learning (Google Classroom) : (1) Pemahaman mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning (Google Classroom) dalam menunjang pembelajaran pada mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi semester IV Universitas Muhammadiyah Palangkaraya secara keseluruhan pemahaman e-learning pada mahasiswa mudah memahami pembelajaran dengan menggunakan e-learning dan berpengaruh positif dalam menunjang pembelajaran. Hal ini menunjukkan bahwa pada pemahaman mahasiswa terhadap penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning pada pembelajaran sudah cukup maksimal, oleh karena itu perlu dilakukan peningkatan pada penggunaan aspek media pembelajaran tersebut agar pembelajaran berbasis e-learning dapat berjalan secara lebih baik.(2) Ketersediaan sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran berbasis e-learning di Universitas Muhuammadiyah Palangkaraya sudah lengkap, hanya saja masih terdapat kekurangan dalam akses internetnya. Dari kestabilan akses internet yang terdapat di Universitas Muhuammadiyah Palangkaraya masih belum stabil, dan kecepatan aksesnya pun masih tergolong lambat, selain itu jangkauan internet pun belum menjangkau seluruh lingkungan kampus, oleh karena itu perlu dilakukan peningkatan pada jaringan internet yang terdapat di kampus agar pembelajaran berbasis e-learning berjalan lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Diplan Diplan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Zona Ratih Alkindi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abd. Rozak, Azkia Muharom Albantani, (2018), Desain Perkuliahan Bahasa Arab Melalui Google Classroom, Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Kebahasaaraban, Vol. 5 No. 1, Juni 2018, 83-102.
Afridian hafid, 2016, Pengertian dan konsep E-learning http://eprints.uny.ac.id/21919/1/32%20Laksmi%20Mahendrati%20Dwihaja.pdf (01 juni 2019).
Azhar Arsyad. 2004. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Deddy, M , (2013), Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Depdiknas. Undang-undang RI No.20 tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Diplan Dan M. Andi Setiawan (2018), Metodologi Penelitian Pendidikan. CV. Samu Untung. Jawa Tengah.
Diplan. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN 5 Panarung Palangka Raya.(Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2009.
Hakim, Abdul Barir, Januari 2016 “Efektifitas Penggunaan E-Learning Moodle, Google Classroom dan Edmodo”, I-STATEMENT, Volume 2 Nomor 1.
Hanum, Sulistyo Numiek “keefektifan e-learning sebagai media pembelajaran (studi evaluasi model pembelajaran e-learning SMK Telkom sandhy putra Purwokerto”, program studi pendidikan teknologi dan kejuruan PPs UNY , Yogyakarta 2012.
Hendriansyah, Haris. 2010. Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Jakarta : Selemba Humanika.
Herma, Widya. “Google Classroom Ruang Kelas Dunia Maya”, http://widyaherma.com diakses pada 27 April 2019.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Jhon, W , K, (2016), Research Desing, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, Dan Campuran, Yogyakarta : PT Pustaka Pelajar.
Marfuatun, E Widjajanti, and Suwardi. 2013. “Pengembangan Metode Pembelajaran Kooperatif Secara Online Pada Kuliah Kimia Fisika II.” Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 125–33.
Moleong, L. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Munir. (2009). Pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi informasi dan komunikasi. Bandung: Alfabeta
Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Pradana, Diemas Bagas Panca. Rina Harimurti. 2017. “Pengaruh Penerapan Tools Google Classroom pada Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Hasil Belajar Siswa”, Jurnal IT-Edu, Volume 02 Nomor 01.
Pratama, Dicky. & Hendri Sopryadi. 2016. “Analisis Pengaruh Pemanfaatan Google Classroom terhadap Efisiensi pada STMIK XYZ”, Seminar Nasional Teknologi Informasi 2016.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Putra, Nusa. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta : PT Rajagrafindo Persada
Rusman, dan Ruhimat, T. (2011). Layanan Pembelajaran Berbasis ELearning Untuk Pemerataan Akses Dan Peningkatan Mutu Pendidikan (http://www.ilmupendidikan.net), (03 Agustus 2019).
Setyawan, Dedy. 2014. Pembelajaran Matematika yang Mengacu Multiple Inteligences pada Materi Statistik di Kelas XI Ips Sma Negeri 2 Batu. Anterior Jurnal, 14(2):51-58.
Sholahuddin, Asep. 2004. “Penerapan E-Learning Pada Suatu Perguruan Tinggi Dengan Menggunakan Software WebCT.” Jakarta: Proceedings, Komputer dan Sistem Intelijen.
Skripsi. Baiti Kharisma Sari, 2015, Evaluasi Penyelenggaraan E-Learning Dalam Pembelajaran Di Sma Negeri Aro Semarang.
Skripsi. Gunawan, Fransiskus Ivan. Stefani Geima Sunarman, 2018 “Pengembangan Kelas Virtual dengan Google Classroom dalam Keterampilan Pemecahan Masalah(Problem Solving) Topik Vektor Pada Siswa SMK untuk Mendukung Pembelajaran.
Skripsi. Hana Novia Anjani. (2019). Analiss Faktor Penghambat Keterampilan Berbicara Peserta Didik Dalam Mengemukakan Pertanyaan/Pernyataan Dalam Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V Di SDN-3 Pahandut Tahun Pelajaran 2018/2019.
Skripsi. Wahyuni Eka Afrianti. (2102). Penerapan Google Classroom Dalam Pembelajaran Akuntansi.
Sudaryono. 2017. Metodologi Penelitian. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung, Alfabeta, 2005, hlm.72-73
Sugiyono.( 2012). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tentang Tell - Trisakti E-Learning. Trisakti Electronic Learning. 2017. http://www.tell.trisakti.ac.id/tentang tell.php (15 Agustus 2019).
Wicaksono, Vicky Dwi. Putri Rachmadyanti, 2017. “Pembelajaran Blended Learning Melalui Google Classroom di Sekolah Dasar”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan PGSD UMS & HDPGSDI Wilayah Jawa.

Downloads

Published

2020-05-29

How to Cite

Diplan, D., & Ratih Alkindi, Z. (2020). Analisis Penerapan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning (Google Classroom): Analysis Of E-Learning (Google Classroom) Learning Media. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 27–32. https://doi.org/10.33084/neraca.v5i2.1422