Peningkatan Kompetensi Penyusunan Butir Soal Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) Melalui Pendampingan In On IN MGMP Jenjang SMA/SMK

Improving Competency Of Computer Preparation Of Items For Computer-Based School Examination (USBK) Through Mentoring In On In MGMP Jenjang SMA / SMK

Authors

  • I Wayan Sarman Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v5i2.1424

Keywords:

kompetensi,, USBK, MGMP, pendampingan InOnIn

Abstract

Kemampuan guru menyusun butir soal penalaran/keterampilan berpikir tingkat tinggi (HOTS) masih rendah karena belum fokus pada (1) pertanyaan dan jawaban, (2) eksplorasi dan analisis, (3) penalaran informasi bukan ingatan, (4) menilai, (5) mengkritisi, dan (6) menginterpretasi. Penyebabnya adalah guru-guru masih kesulitan mengkontekstualisasikan konsep yang telah dipahami agar relevan dengan siswa. Penelitian ini bertujuan mengetahui (1) tahapan penyusunan soal ujian sekolah berbasis komputer (USBK) jenjang SMA/SMK oleh guru-guru perwakilan MGMP Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah, (2) strategi pendampingan In, On, In penyusunan soal USBK jenjang SMA/SMK, (3) kriteria validasi butir soal USBK jenjang SMA/SMK, dan (4) peningkatan kompetensi guru-guru perwakilan MGMP melakukan penyusunan butir soal USBK tahun pelajaran 2019/2020.Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan sekolah (PTS) melalui tiga siklus dengan subjek penelitian yaitu siklus I 364 guru, siklus II 728 guru, dan siklus III 132 guru, masing-masing siklus diawali dengan kegiatan In (diskusi) dan diakhiri On (praktik). Guru-guru perwakilan MGMP jenjang SMA telah melakukan validasi 21 mata pelajaran terdiri atas 8.010 butir soal. Hasil rekap validasi menemukan bahwa soal valid 3.181 (39,71%), soal edit 2.903 (36,24%), soal move 267 (3,33%), soal delete 1.734 (21,65%), dan soal sisa 6.276 (78,35%). Guru-guru perwakilan MGMP jenjang SMK melakukan validasi 10 mata pelajaran sebanyak 4.408 butir soal. Hasil rekap validasi menemukan soal valid 1.497 (33,96%), soal edit 1553 (35,23%), soal move 172 (3,90%), soal delete 1.321 (29,97%), dan soal sisa 3.087 (70,03%).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

I Wayan Sarman, Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Tengah

References

Brookhart, M.S. 2010. How to Assess Higher Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASCD
Fitriana, Cici Liana & Diplan. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2):7-11.
Imron, A. 2015. Penelitian Tindakan Sekolah Untuk Kepala Sekolah Dalam Rangka Peningkatan Kinerja Pembelajaran. http://lib.um.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/pts.pdf. Diakses: Minggu, 1 Maret 2020 Pukul 04.00 WIB.
Kompas. 2019. Kreativitas Guru menjadi Kunci: Jumat, 3 Mei 2019. Halaman 1.
Kompas. 2019. Siswa Disiapkan Berdaya Saing: Kamis, 2 Mei 2019. Halaman 1.
Kompas. 2019. Tingkatkan Kemampuan Guru dalam Era Revolusi Industri 4.0. Kompas, 2 Mei halaman 9.
Kompas. 2020. Minggu, 1 Maret. Metode Belajar Disesuaikan Era Digital. Halaman 7.
Moleong, L. J. 2002. Metodologi Peneliti-an Kualitatif, Cetakan ke -17. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nadim, T. 2016. https://stbernsteach-ing.wordpress.com/2016/12/09/six-strategies-for-busy-teachers-for-providing-quality-feedback-to- pupils/. Diakses: Minggu, 1 Maret 2020 Pukul 04.00 WIB.
Ningsih, Ayu Putri & Diplan. 2018. Konseling Kelompok Dengan Teknik Relaksasi Kesadaran Indera Untuk Meningkatkan Kontrol Diri Terhadap Emosi Marah Pada Remaja di Panti Sosial Bina Remaja Palangka Raya.Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2):12-18.
Puspendik. 2019. Paparan Higher Order Thinking SkillsProses Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Balitbang Kemdikbud.
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(2):1-5.
Setiawan, M Andi & Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Suprayitno, T. 2020. Paparan UN: Menumbuhkan Budaya Belajar Untuk Abad 21. Jakarta: Kemdikbud.
Warisdiono, E. 2017. Modul Penyusunan Soal Hihger Order Thinking Skills (HOTS). Jakarta: Balitbang.

Downloads

Published

2020-05-29

How to Cite

Wayan Sarman, I. (2020). Peningkatan Kompetensi Penyusunan Butir Soal Ujian Sekolah Berbasis Komputer (USBK) Melalui Pendampingan In On IN MGMP Jenjang SMA/SMK: Improving Competency Of Computer Preparation Of Items For Computer-Based School Examination (USBK) Through Mentoring In On In MGMP Jenjang SMA / SMK. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 33–46. https://doi.org/10.33084/neraca.v5i2.1424