Faktor Penghambat Ekstern Penerapan Program MYOB sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Di SMKN 2 Palangka Raya

External Inhibition Factor Of The Application Of Myob Program As A Source Of Learning In Learning Accounting For Grade XI Students In SMKN 2 Palangka Raya

Authors

  • Arna Purtina Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v5i2.1425

Keywords:

Faktor Ektern, Program MYOB, Sumber Belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang: (1) Penerapan program MYOB sebagai sumber belajar dalam pembelajaran akuntansi, (2) Faktor penghambat ekstern program MYOB sebagai sumber belajar dalam pembelajaran akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data metode observasi, wawancara dan dokumentasi.Sebagai informan utama adalah guru akuntansi, siswa kelas XI Akuntansi dan Operator laboratorium. Pemilihan informan menggunakan  purposive sampling. Prosedur pengolahan data mulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan program MYOB pada SMK Negeri 2 Palangka Raya, dengan adanya  input proses dan output dalam pembelajaran akuntansi. Jenis Program MYOB yang dipelajari sekarang hanya program MYOB Acounting. Dari program MYOB siswa mendapatkan pemahaman dalam belajar akuntansi, meskipun ada kesulitan mereka mengatasi dengan bekerja sama dengan teman-teman. Program ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar karena dapat mencapai mencapai kompetensi tertentu. (2) Faktor penghambat ekstern: listrik padam mengakibatkan aktivitas praktek terhambat, dan laboratorium akuntansi digunakan secara bergantian.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Arna Purtina, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abdul Wahab, Solichin. 1990. Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ali, Lukman. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Balai Pustaka.
A.M,Sardiman. 2009.Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta :Rajagfindo Persada.
Association for Educational Communication and Technology (AECT), 1994. Definisi Teknologi Pendidikan, diterjemahkan oleh: Yusufhadi Miarso, dkk, Cetakan kedua, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Badudu J.S dan Zain, Sutan Mohammad, 1996.Kamus Umum Bahasa
Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Bogdan, Biklen, 1982. Pengantar studi Penelitian, Bandung: PT ALFABETA.
Diplan. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN 5 Panarung Palangka Raya.(Tesis)SI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2009.
Iskandar, 2009.Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Jessica, S. E. 2008. Pratikum Akuntansi Manual dan komputerisasi dengan MOYB.
Mahmudi, Ali. 2008. Komputerisasi Akuntansi Myob. Jakarta: Grasindo
Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael, 1992.Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tantang Metode-Metode Baru. Jakarta:UI Press.
Moleong, Lexy. J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya.
----------------- 2007 Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset

Permadi, Ade Salahudin & Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):20-26.
Ramli, Muhamad & Isnawati. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1):6-10.
Setiawan, M Andi & Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dEan R&D. Bandung: Alfabeta.
------------. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Soemarso, S. 2009. Akuntansi Suatu Pengantar, Edisi Kelima. jakarta: salemba empat.
Udin Saifudin Sa’ud, 2008. Inovasi pendidikan, Bandung : Alfabeta Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineka

Downloads

Published

2020-05-29

How to Cite

Purtina, A. (2020). Faktor Penghambat Ekstern Penerapan Program MYOB sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Akuntansi Siswa Kelas XI Di SMKN 2 Palangka Raya: External Inhibition Factor Of The Application Of Myob Program As A Source Of Learning In Learning Accounting For Grade XI Students In SMKN 2 Palangka Raya. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(2), 47–52. https://doi.org/10.33084/neraca.v5i2.1425