Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Hal-Hal Yang Membatalkan Sholat Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Kumai Hulu

Improving The Results Of Learning Islamic Education Materials That Cancelate Prayer Through Problem Based Learning Learning Model In Grade IV Students Of SD Negeri 1 Kumai Hulu

Authors

  • Mahmud Mahmud SD Negeri 1 Kumai Hulu

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v6i1.1882

Keywords:

Hasil Belajar PAI, Materi Hal-Hal yang Membatalkan Sholat, Model Pembelajaran Problem Based Learning

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui hasil belajar siswa dan aktivitas guru. Pendekatan Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif kuantitatif. Rancangan penelitian metode campuran (mixed methods research design) adalah suatu prosedur untuk mengumpulkan, menganalisis, “dan mencampur” metode kuantitatif dan kualitatif. Dari kedua siklus yang dilaksanakan teramati bahwa terjadi peningkatan rerata hasil belajar dari 74,5 menjadi 82, 91 dengan persentase ketuntasan yang meningkat dari 70,73% pada siklus I menjadi 100% pada siklus II. Sedangkan untuk aktivitas guru yang teramati melalui lembar observasi diperoleh peningkatan angka dari 4,07 menjadi 4, 42 pada kategori baik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Mahmud Mahmud, SD Negeri 1 Kumai Hulu

References

Anna, Yulia. 2007. Working Mom & Kid. Jakarta : Elex Media Komputindo
Baswir, Revrisond. 2003. Koperasi Indonesia. Yogyakarta: BPFE-UGM
Bimo, Walgito, 2004. Pengantar Psikologi Umum, Andi, Jakarta
Brown, Douglas. 2008. Prinsip Pembelajaran Dan Peengajaran Bahasa. Jakarta: Person Education
Darwin (eds), Muhadjir .2010. Dinamika kependudukan dan penguatan governance. Yogyakarta
Depdiknas. 2005. Panduan Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Direktorat PPTK dan KPT Dirjen Dikti.
Djiwandono, Soernadi. 2011. Tes Bahasa Pegangan Bagi Pengajar Bahasa. Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Fadjri, Panpan Achmad .2000. Analisis kualitas sumber daya manusia menurut kota di Indonesia”, Warta Demografi, 30 No.3: 34-39
Ferdinand, Augusty. 2005. Metode Penelitian Manajemen. Edisi 2. BP Universitas Diponogoro : Semarang
Ferdinand, Augusty. 2011. Metode Penelitian Manajemen Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis, dan Disertasi Ilmu Manajemen, Edisi 3, AGF Books, Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro, Semarang
Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP
Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro
Ghozali, Imam. Latan, H .2012. Partial Least Square : Konsep, Teknik dan Aplikasi SmartPLS 2.0 M3. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
Hasbullah. 2006. Otonomi Pendidikan: Kebijakan Otonomi Daerah dan Implikasinya terhadap Penyelenggaraan Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa
Hermanto .2011 .Konsep Minat. http://kasturi82.blogspot.com/2011/12/konsep-minat.html pada tanggal 15 Februari 2019
Hermawan, Agus .2012. Komunikasi Pemasaran. Jakarta. Erlangga
Hurlock, E.B. 1999. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Alih bahasa: Istiwidayati & Soedjarwo. Edisi Kelima. Jakarta: Erlangga
Husain, Abdul Rajak. 1993. Bahasa Indonesia Baku. Solo: CV Aneka
Hussein, Ananda Sabil. .2015. Penelitian Bisnis dan Manajemen Menggunakan Partial Least Squares (PLS) dengan smartPLS 3.0. Modul Ajar. Univeristas Brawijaya
Kuncoro, 2017, Korelasi Penguasaan Kosakata dengan Keterampilan Berbicara Siswa dalam Bahasa Inggris.
Kyridis, A. Tsakiridou, E. Zagkos, C. Koutouzis, M & Tziamtzi, C. (2011). “Educational inequalities and school droup in greece”. International Journal of Education, Vol 3, No . 2: 1-15
M. Syawaludin, 2013, Hubungan Lingkungan Dengan Aktivitas Muhadasah Dalam Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Ibnul Qoyim Putra
Mu’in, Idianto. 2004. Pengetahuan Geografi. Grasindo. Jakarta
Narimawati, Umi .2008. Metodologi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Teori dan Aplikasi. Bandung: Agung Media
Nazili, Ahmad, Shaleh, 2011. Pendidikan dan Masyarakat. Yogyakarta: Sabda Media
Nurhadi. 1995. Tata Bahasa Pendidikan. Semarang : IKIP Malang Press
Pradipta, Bintang, 2016, Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dengan Minat Belajar Pada Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Pleret Bantul
Rahim, Farida .2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta : Bumi Aksara
Riadin, Agung. 2019. Implementasi Pembelajaran PKn untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 14(1):18-28.
Rona, Afrianti, 2015. Pengaruh Penguasaan Kosakata, Tata Bahasa, Dan Minat Baca Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Teks Berbahasa Indonesia Siswa
Rukmana, Ade dan Asep Suryana .2006. Pengelolaan kelas. Bandung. UPIPRESS.
Rusda .2017. Pengaruh Penguasaan Kosakata Terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Peserta Didik Di Sdn 2 Pulau Sarappo Lompo Kec. Liukang Tupabbiring Kabupaten Pangkep
Sabarti, Akhadiah, dkk .1991. Pembinaan kemampuan menulis bahasa Indonesia Jakarta Erlangga
Santosa, Prima Pantau Putri .2017. Pengaruh Penguasaan Kosa Kata Terhadap Kemampuan Membaca Teks Persuasif Bahasa Inggris Siswa Kelas X Smk Negeri 2 Depok
Saroni, Muhammad. 2011. Manajemen Sekolah Kita Menjadi Pendidik Yang Kompeten. Ar-Ruzz Media, Yogyakarta
Setiawan, Andi. 2018. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Setyawan, Dedy. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Dan Berbantuan Media Kartu Pecahan pada Peserta Didik Kelas V/B SDN-2 Bukit Tunggal Palangkaraya Tahun Pelajaran 2017/2018. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 4(2):1-8.
Setyowati, Heny .2016. Pengaruh Minat Membaca Terhadap Kemampuan Berbahasa Kelas V Sdn Se-Gugus Ii Gembongan
Slameto .1987. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar. Salatiga : Bina Aksara
Soeatminah .1992. Perpustakaan, Kepustakawanan dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Afabeta
Sukmadinata, Nana Syaodih .2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT remaja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya
Suyanto, Edi. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Baik dan Benar. Yogyakarta: Ardana Media
Tarigan .1979. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Angkasa Bandung
Tarigan, Henry Guntur .1986. Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa
Tarigan, Henry Guntur .1989. Metodologi Pengajaran Bahasa.Jakarta: Depdikbud
Tarigan, Henry Guntur dan Djago Tarigan .2011. Pengajaran Analisis Kesalahan Berbahasa.Bandung: Angkasa Bandung.
Thoha, Miftah .1998. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya. Penerbit PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta
Tilaar, HAR .2003. Pendidikan dalam Pembangunan Nasional Menyongsong Abad XXI. Jakarta: Balai Pustak
Todaro, M. P. dan S. C. Smith .2006. Pembangunan Ekonomi. Jilid 2. Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga
Tulus, Tu’u .2004. Peran Disiplin pada Perilaku dan Prestasi Belajar. Jakarta: Grasindo
Wiryodijoyo, Suwaryono .1989. Membaca: Strategi Pengantar dan Tekhniknya. Jakarta: P2LPTK
Yuliatun .2009. Hubungan Minat Membaca Dan Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Berbicara Siswa Kelas Vi Sekolah Dasar Negeri 2 Bulusulur Di Kecamatan Wonogiri Kabupaten Wonogiri
Zagladi, Arief Noviarakhman, Fredy Jayen, Sutrisno, Melania .2018. Pedoman Penulisan Skripsi. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Pancasetia Banjarmasin.

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Mahmud, M. (2020). Meningkatkan Hasil Belajar PAI Materi Hal-Hal Yang Membatalkan Sholat Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 1 Kumai Hulu: Improving The Results Of Learning Islamic Education Materials That Cancelate Prayer Through Problem Based Learning Learning Model In Grade IV Students Of SD Negeri 1 Kumai Hulu. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 12–21. https://doi.org/10.33084/neraca.v6i1.1882