Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Inside Outside Circle Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V B SD Negeri 1 Batu Badinding

Through The Implementation Of The Inside Outside Circle Learning Method To Improve The Achievement Of Ips Material Learning Proclamation Of Indonesian Independence In Grade V B Students Of SD Negeri 1 Batu Badinding

Authors

  • Yelita Yelita SD Negeri 1 Batu Badinding

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v6i1.1892

Keywords:

Metode Pembelajaran Inside Outside Circle, Pembelajaran IPS, Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia

Abstract

Proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kelas V B dengan Pokok Bahasan Proklamasi kemerdekaan Indonesia, setelah diadakan evaluasi pada kondisi awal diperoleh hasil yang tidak memuaskan dimana sebanyak 9 siswa atau 34,62% tidak tuntas karena di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 75. Sedangkan yang mempunyai nilai di atas KKM sebanyak 17 siswa atau 65,38%.  Untuk itu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menggunakan metode Inside Outside Circle. Hasil siklus I adalah sebanyak 22 siswa atau 84,62% tuntas, sedangkan 4 siswa atau 15,38% siswa tidak tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Tingkat ketuntasan ini sudah di atas 85%. Tetapi rata-rata prestasi belajar (79,15) masih berada di bawah rata-rata sesuai indikator keberhasilan yaitu 75, maka diadakan lagi perbaikan pembelajaran dengan siklus II. Hasil yang dicapai pada siklus II adalah sebanyak 24 siswa atau 92,31% tuntas dan 2 siswa atau 7,69% tidak tuntas. Hal ini berarti ada peningkatan terhadap ketuntasan belajar siswa. Ketuntasan 92,31% yang berada di atas 85% ini menandakan bahwa perbaikan pembelajaran pada siklus II dengan menggunakan metode Inside Outside Circle telah berhasil.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Yelita Yelita, SD Negeri 1 Batu Badinding

References

Ahmadi, Abu dan Uhbiyati, Nur. 1991. Ilmu Pendidikan. Cet. Ke-1. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zaini, Aswan. 1996. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Djamarah, Syaiful Bahri. 2005. Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Cet. Ke-3. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Hadi, Sutrisno. 1994. Metodologi Researh: untuk Penulisan Paper, Tesis dan Disertasi. Cet. Ke-21. Yogyakarta: Andi Offset.
Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Cet. Ke-8. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
-----------------. 2003. Proses Belajar Mengajar. Cet. Ke-2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
-----------------. 1999. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran: Dasar dan
Strategi Pelaksanaannya di Perguruan Tinggi. Bandung: PT. Trigenda Karya. Isjoni. 2009. Cooperative Learning: Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Cet. Ke-2. Bandung: Alfabeta.
Iskandar, Sali. 1990. Pengantar Praktis Kewirausahaan. Bandung: Al Ghifari.
Ivos K Davis. 1991. Pengelolaan Belajar. Jakarta: CV. Rajawali Pers.
Jailani, Muhammad. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Dengan Menerapkan Model Role Playing Berbantuan Media Papan Flanel Pada Peserta Didik Kelas IV-C SDN-1 Sabaru Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(1):24-30.
Jusuf, Haryono Al. 2001. Dasar-dasar Akuntansi Jilid I. Edisi 5. Yogyakarta: STIE YKPN.

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas. Cet. Ke-6. Jakarta: Grasindo.
Majid, Abdul dan Andayani, Dian. 2005. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Berbasis Kompetensi. Cet. Ke-2. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar-Mengajar. Cet. Ke-10. Jakarta: Bumi Aksara.
Pidarta, Made. 1997. Landasan Pendidikan. Cet. Ke-1. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Salim, Peter dan Salim, Yenny. 1991. Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta : Modern English Press.
Setiawan, M Andi dan Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Deepublish.
Setyawan, Dedy dan Melda Arumi. 2015. Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing Pada Peserta Didik Kelas 2 SDN-1 Pahandut Palangka Raya. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 1(1):62-67.
Soekanto, Soerjono. 1986. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI Press. Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Surakhmad, Winarno. 1994. Pengantar Ilmu Dasar Metode dan Teknik. Bandung: CV. Tarsito.
Tafsir, Ahmad. 1996. Metodologi Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Bandung: Remaja Rosda Karya.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Usman, Moh. Uzer dan Setiawati, Lilis. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar-Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.
Zuchdi, Darmiyati. Strategi Meningkatkan Kemampuan Membaca,.
Zuhairini. 2004. Pendidikan Berparadigma Profetik. Cet. Ke-1. Jogjakarta: Ircisod

Downloads

Published

2020-12-30

How to Cite

Yelita, Y. (2020). Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Inside Outside Circle Guna Meningkatkan Prestasi Belajar Ips Materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia Pada Siswa Kelas V B SD Negeri 1 Batu Badinding: Through The Implementation Of The Inside Outside Circle Learning Method To Improve The Achievement Of Ips Material Learning Proclamation Of Indonesian Independence In Grade V B Students Of SD Negeri 1 Batu Badinding. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 30–36. https://doi.org/10.33084/neraca.v6i1.1892