Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence Pada SMP Negeri 6 Palangka Raya

Effort To Improve Social Studies Learning Outcomes Using Concept Sentence Learning Model In SMP Negeri 6 Palangka Raya

Authors

  • Endang Sri Suyati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Herlianah Herlianah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v6i1.1907

Keywords:

Hasil Belajar IPS, Model Pembelajaran Concept Sentence

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik pada saat proses pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence, (2) meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence pada peserta didik kelas VII-2 di SMP Negeri 6 Palangkaraya. Subjek pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII-2 SMP Negeri 6 Palangka Raya yang berjumlah 30 orang peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model pembelajaran Concept Sentence. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) peserta didik lebih aktif pada saat pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence. Siklus I, skor rata-rata 3,44 dengan kriteria baik kemudian pada siklus II meningkat dengan skor rata-rata 3,85 dengan kriteria baik, (2) ada peningkatan hasil belajar IPS peserta didik setelah menggunakan model pembelajaran Concept Sentence. Terlihat dari hasil belajar peserta didik pada tes awal memperoleh nilai rata-rata 47 (dibawah nilai KKM ≥70) dengan ketuntasan klasikal 3,33 % dengan kriteria tidak tercapai. . Pada Siklus I hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata 65 dengan ketuntasan klasikal  33,33% dengan kriteria tidak tercapai. Pada Siklus II terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik memperoleh nilai rata-rata 81 dengan ketuntasan klasikal 90% dengan kriteria tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Endang Sri Suyati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Herlianah Herlianah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Arifin, Zainal. 2014. Penelitian Pendidikan (Metode dan Paradigma Baru). Bandung: Rosdakarya.
Arikunto, Suharsimi dkk. 2016. Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Arsyad, Azhar. 2017. Media Pem-belajaran (Edisi Revisi). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Diplan dan Setiawan, Andi M. 2018. Penelitian Tindakan Kelas (Teori serta Panduan bagi Guru Kelas dan Guru Bimbingan Konseling). Yogyakarta: CV Budi Utama.
Gunawan. 2014. Pendidikan IPS Filosof, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.
Hendri. 2013. Minat Peserta Didik dalam Mengikuti Pelajaran di Sekolah Menengah Pertama. Anterior Jurnal 12(2):61-68.
Huda, Miftahul. 2016. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran (Isu-isu Metodis dan Paradigmatis). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Permadi, Ade Salahudin dan Muchlis Saini. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Melalui Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 2(2):20-26.
Rusman.2014. Model-model Pembelajar-an Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sapriya. 2012. Pendidikan IPS. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Setiawan, M Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran 1:184.
Setiawan, Risky. (2017). Penelitian Tindakan Kelas (Action Research). Yogyakarta: Nuha Medika.
Suprihatiningrum. 2014. Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi, Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Trianto.2017. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2020-11-30

How to Cite

Sri Suyati, E., & Herlianah, H. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Concept Sentence Pada SMP Negeri 6 Palangka Raya: Effort To Improve Social Studies Learning Outcomes Using Concept Sentence Learning Model In SMP Negeri 6 Palangka Raya. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(1), 44–50. https://doi.org/10.33084/neraca.v6i1.1907