Pengaruh Modal, Penerapan Cash Basis dan Perilaku Kewirausahaan Terhadap Pendapatan Penjual Masker Kota Palangka Raya

Effect of Capital, Application of Cash Basis, and Entrepreneurial Behavior on the Income of Mask Sellers in Palangka Raya

Authors

  • San Petro Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Bank Pembangunan Kalteng (YBPK)
  • Warjeni Antrianingsih Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Bank Pembangunan Kalteng (YBPK)

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v6i2.2637

Keywords:

Modal, Cash Basis, Perilaku Kewirausahaan, Pendapatan

Abstract

 Tujuan dari penelitian menguji kembali secara empiris pengaruh dari modal, penerapan cash basis dan prilaku kewirausahaan terhadap pendapatan penjual masker. Metode penelitian merupakan penelitian kuantitatif deskriptif untuk melihat pengaruh dari modal, penerapan cash basis, dan perilaku kewirausahaan pada pendapatan penjual masker Kota Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan 40 responden pedagang masker yang tersebar di Kota Palangka Raya secara accidental sampling. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan regresi linear berganda. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa modal, penerapan cash basis, dan perilaku kewirausahaan berpengaruh positif terhadap pendapatan penjual masker baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menunjukan bahwa perlu adanya pencatatan keuangan berbasis kas, untuk menghindari pencatatan keuangan yang bersifat sederhana serta perlunya kegiatan pelatihan akuntansi dan pemanfaatan teknologi aplikasi akuntansi UMKM melalui media smartphone

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

San Petro, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Bank Pembangunan Kalteng (YBPK)

Warjeni Antrianingsih, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Yayasan Bank Pembangunan Kalteng (YBPK)

References

Artaman, D. M. A., Yuliarmi, N. N. and Djayastra, I. K. (2006) ‘Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Pedagang Pasar Seni Sukawati Gianyar’, E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 02, pp. 87–105.
Cudia, C. P. (2008) ‘Application of accrual and cash accounting: Implications for small and medium enterprises in metro Manila’, DLSU Business and Economics Review, 17(1), pp. 23–40.
Dharmawansyah, I. (2013) ‘Pengaruh Experiential Marketing Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi’, 2(2), pp. 1–10. Didier, T. et al. (2021) ‘Financing firms in hibernation during the COVID-19 pandemic’, Journal of Financial Stability. Gonibala, N., Masinambow, V. A. J. and Maramis, M. T. B. (2019) ‘Analisis Pengaruh Modal Dan Biaya Produksi Terhadap Pendapatan Umkm Di Kota Kotamobagu’, Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 19(01), pp. 56–67.
Herwiyanti, E., Ulfah, P. and Pratiwi, U. (2020) Implementasi Standar Akuntansi Keuangan di UMKM. 1st edn. Yogyakarta: Deepublish Publisher.
Jailani, Muhammad dkk. 2017. Pengaruh Kewirausahaan, Motivasi Belajar, Sosial Ekonomi Orang Tua dan Self Efficacy Terhadap Minat Berwirausaha Siswa. Jurnal : Journal of Economic Education. 6:1(52-59).
Kurniawati, E. P., Nugroho, P. I. and Arifin, C. (2012) ‘Penerapan Akuntansi Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM)’, Informatics and Business Institute Darmajaya, 10(2), pp. 1–10. doi: 10.31294/jabdimas.v2i2.5818.
Melnick, H. et al. (2020) ‘Reopening schools in the context of COVID-19: Health and safety guidelines from other countries’, Learning Policy Institute, (May), pp. 1–13. Nisak, K. (2013) ‘Pengaruh Pinjaman Modal Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Mojokerto’, Jurnal Pendidikan Ekonomi, 1(3), pp. 1–13. Available at: http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id.
Nurvelin, E. (2019) ‘Penerapan laporan keuangan menggunakan basis kas pada rental motor lestari malang’, Agregat, 4(1), pp. 1–6.
Octavia, J. (2013) ‘Pengaruh Sikap Kewirausahaan dan Kompetensi Wirausaha Terhadap Keberhasilan Usaha Pada Produsen Sepatu Cibaduyut Kota Bandung’, JIMM UNIKOM, pp. 1–16. Phahlevi, R. (2013) ‘Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Petani Padi sawah Di Kota Padang Panjang’, Jurnal Kajian Ekonomi dan Pembangunan, 1(2).
Pratiwi, D. I. (2010) ‘Analisis Pengaruh Harapan Pelanggan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Internet Flash Unlimited Di Semarang (Doctoral dissertation, Universitas Diponegoro)’, 3, pp. 1–128.
Putra, Chandra Anugrah, M Andi Setiawan, M Jailani dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Rahayu, Y. (2015) ‘Reformasi Sistem Akuntansi Cash Basis Menuju Sistem Akuntansi Accrual Basis’, Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Bisnis, 3(1), pp. 348–354. Available at: http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/ecodemica/article/view/66/43.
Rahmayuni, S. (2017) ‘Peranan Laporan Keuangan dalam Menunjang Peningkatan Pendapatan Pada UKM’, JSHP ( Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan), 1(1), p. 93. doi: 10.32487/jshp.v1i1.239.
Riadin, Agung dan Ade Salahudin Permadi. 2019. Implementasi Pembelajaran PKn untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit. Pedagogik : Jurnal Pendidikan. 14:1(18-28).
Shafi, M., Liu, J. and Ren, W. (2020) ‘Impact of COVID-19 pandemic on micro, small, and medium-sized Enterprises operating in Pakistan’, Research in Globalization, 2, p. 100018. doi: 10.1016/j.resglo.2020.100018.
Shaw, R., Kim, Y. and Hua, J. (2020) ‘Governance, technology and citizen behavior in pandemic: Lessons from COVID-19 in East Asia’, Progress in Disaster Science. The Authors, 6, p. 100090.
Struyk, R. J. and Haddaway, S. R. (2011) ‘Which Indonesian Small and Medium Firms Use Formal Financial Services?’, International Journal of Economics and Finance, 3(4). doi: 10.5539/ijef.v3n4p3.
Sugiyono (2010) Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Thobias, E., Tungka, A. K. and Rogahang, J. J. (2013) ‘Pengaruh Modal Sosial Terhadap Perilaku Kewirausahaan (Suatu studi pada pelaku usaha mikro kecil menengah di Kecamatan Kabaruan Kabupaten Kepulauan Talaud)’, Acta Diurna, (April), pp. 1–23.
Tungga Dangin, I. G. A. B. and Marhaeni, A. A. I. N. (2019) ‘Faktor-Faktor Produksi Yang Mempengaruhi Pendapatan Pengerajin Pada Industri Kerajinan Kulit Di Kabupaten Badung’, E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana,
Tuzovic, S. and Kabadayi, S. (2018) ‘The influence of social distancing on employee well-being: a conceptual framework and research agenda’, Journal of Service Management, 32(2), pp. 145–160. Utari, T. and Dewi, P. M. (2014) ‘Pengaruh Modal, Tingkat Pendidikan dan Teknologi Terhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kawasan Imam Bonjol Denpasar Barat’, EP Unud, 3(12), pp. 576–585.
Vijayanti, M. and Murjana Yasa, I. (2016) ‘Pengaruh Lama Usaha dan Modal Terhadap Pendapatan dan Efisiensi Usaha Pedagang Sembako di Pasar Kumbasari’, E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, 5(12), pp. 1539–1566.
Welter, F. and Smallbone, D. (2011) ‘Institutional Perspectives on Entrepreneurial Behavior in Challenging Environments’, Journal of Small Business Management, 49(1), pp. 107–125.
Wijaya, R. S. (2018) ‘Penerapan Laporan Informasi Akuntansi Pada Usaha Kecil Menengah Guna Meningkatkan Pendapatan UKM di Jawa Timur’, Dinamika Administrasi: Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen, 1(1).

Downloads

Published

2021-05-05

How to Cite

Petro, S., & Antrianingsih, W. (2021). Pengaruh Modal, Penerapan Cash Basis dan Perilaku Kewirausahaan Terhadap Pendapatan Penjual Masker Kota Palangka Raya: Effect of Capital, Application of Cash Basis, and Entrepreneurial Behavior on the Income of Mask Sellers in Palangka Raya. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 1–9. https://doi.org/10.33084/neraca.v6i2.2637