Meningkatkan Penguasaan Teknik Perkalian Bilangan Asli Dengan Menggunakan Pendekatan Realistik

Improving Mastery Of Natural Number Multiplication Techniques Using Realistic Approach

  • Priska Enawati SD Katolik Santo Don Bosco Palangkaraya
Keywords: Teknik Pekalian, Bilangan Asli, Pendekatan Realistik

Abstract

Materi matematika tentang perkalian bilangan asli mulai diajarkan di kelas III sekolah dasar. Siswa kelas III SDK Santo Don Bosco masih mengalami kesulitan dalam memahami perkalian ini. Dari data awal diperoleh data bahwa hanya 6 siswa (40%) dari 15 siswa yang tuntas dalam belajar tentang perkalian bilangan asli ini. Hal inilah yang menantang peneliti untuk mencari variasi cara atau pendekatan yang baru untuk mengajarkan perkalian ini.

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penguasaan teknik perkalian bilangan asli pada siswa kelas III SDK Santo Don Bosco. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan penguasaan teknik perkalian ini adalah dengan pendekatan realistik, yaitu pendekatan yang mensyaratkan pembelajaran harus dimulai dengan masalah kontekstual yang real (nyata) atau juga yang bisa dibayangkan oleh siswa, selanjutnya melalui aktivitas siswa diharapkan dapat menemukan kembali sifat-sifat dari perkalian tersebut.

Penelitian ini dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan menggunakan pendekatan realistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan pendekatan realistik penguasaan siswa kelas III SDK Santo Don Bosco terhadap teknik perkalian bilanagn asli meningkat. Jika dibandingkan dengan data awal yaitu hanya 6 orang (40%) saja siswa yang tuntas, maka pada akhir siklus III menjadi 14 orang (93,33%) siswa yang tuntas dalam belajar tentang perkalian bilangan asli.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Priska Enawati, SD Katolik Santo Don Bosco Palangkaraya

References

Aqib, Z, (2006). Penelitian Tindakan Kelas Bagi Pengembangan Profesi Guru. Bandung : Yrama Widya.
Anitha, Sri, (2007). Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
Arikunto, S, (2008). Memahami Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar. Jakarta : Depdikbud.
Ismail, dkk, (2007). Pembaharuan Dalam Pembelajaran Matematika. Jakarta : Universitas Terbuka.
Mikarsa, dkk, (2007). Pendidikan Anak di SD. Jakarta : Universitas Terbuka.
Nasution, Noehi, (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Universitas Terbuka.
Permadi Ade Salahudin dan Repitae. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Dengan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-3 Telangkah Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan. 13:2(23-28).
Santrock, Jhon W, (2008). Psikologi Pendidikan (Edisi kedua) (Terjemahan Tri Wibisono B.S). Jakarta : Kencana (Cetakan pertama tahun 2004).
Setyawan Dedy dan Chandra Anugrah Putra. 2020. Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2(96-100).
Setyawan Dedy dan Chandra Anugrah Putra. 2020.Pengaruh Logic-Mathematic Intelligence Dan Cognitive Load Theory Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Holistika. 4:2(96:100).
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembina dan Pengembangan Bahasa (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Wardani, I.G.A.K, (2002). Psikologi Belajar. Jakarta : Universitas Terbuka.
Published
2021-10-15
How to Cite
Enawati, P. (2021). Meningkatkan Penguasaan Teknik Perkalian Bilangan Asli Dengan Menggunakan Pendekatan Realistik. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 22-29. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2824