Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Improving Student Activities in Indonesian Language Learning

  • Krisela Noralelana SMPN 14 PALANGKARAYA
Keywords: Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran, Bahasa Indonesia

Abstract

Penggunaan alat bantu yang dimungkinkan dapat memberikan motivasi kepada siswa saat ini kurang diutamakan. Kadang-kadang ada guru yang dalam proses pembelajaran bertumpu pada “LKS”. Padahal,buku paket, model tiruan, real object dan sebagainya dapat dimanfaatkan secara optimal dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Akibat paradigma yang kurang tepat tersebut, akhirnya dapat menimbulkan motivasi dan aktivitas siswa rendah.

Tujuan penelitian dilakukan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, meningkatkan keterampilan guru dalam memvariasikan metode dan media pembelajaran. Observasi dilakukan dalam rangka pengumpulan data  berupa data kualitatif dan kuantitatif.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas.Penelitian ini dilakukan di kelas IX Semester ganjil SMP Negeri 14 Palangka Raya. Proses penelitian dilakukan dengan cara kolaborasi dengan kepala sekolah dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia lainnya. Siswa yang terlibat yaitu semua anggota kelas IX yang berjumlah 40 siswa yang terdiri dari 20 putra dan 20 putri dengan karakter sama dengan siswa yang berada di kelas IX yang lain. Persamaan karakter ini dipandang dari kesamaan latar belakang sosial, ekonomi, dan budayanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Krisela Noralelana, SMPN 14 PALANGKARAYA

References

Achyar, 1999. Pembelajaran Kooperatif sebagai salah satu strategi Pembelajaran. Jakarta : Depdikbud.
Ade S Permadi, Arna Purtina dan Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16-21).
Chandra A Putra, M Andi Setiawan, M Jailani dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Dimyati dan Mujiono, 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Oemar,Hamatik.1990.Kurikulum dan Pembelajaran.Bandung : Bumi Aksara.
Purwanto ,Ngalim. 1990.Psikologi Belajar.Bandung : Logos.
Slamet.1995.Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.Salatiga: Rineka Cipta.
Published
2021-10-15
How to Cite
Noralelana, K. (2021). Meningkatkan Aktivitas Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 30-33. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2825