Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Menulis Slogan (BI) Dan Penggolongan Makhluk (IPA) Menggunakan Metode Konstruktivisme

Increasing Students' Learning Achievements Writing Slogans (BI) And Classification Of Creatures (IPA) Using Constructivism Methods

  • Lenia Lenia SDN 4 PANARUNG
Keywords: Prestasi Belajar Siswa, Menulis Slogan, Metode Konstruktivisme

Abstract

Berdasarkan  hasil wawancara dengan guru bidang studi bahasa Indonesia di VI SD Negeri 4 Panarung didapatkan bahwa murid kelas  VI  SD Negeri 11 Palangka mengalami kesulitan dalam pembelajaran menulis khususnya menulis slogan dan materi penggolongan Hewan. Siswa terkadang sulit membedakan ciri-ciri slogan  dengan konteks.

Kegiatan pembelajaran di sekolah menunjukkan kegiatan pembelajaran menulis belum optimal. Hal tersebut ditunjukkan kurang mampunya siswa dalam mengemukakan pendapat dan gagasannya secara kreatif serta kurang mampu mendapatkan dan mengumpulkan informasi yang aktual sebagai bahan tulisan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menulis slogan dan materi Ilmu Pengetahuan Alam dengan metode konstrutivistik

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan oleh guru pada waktu mengajar di dalam kelas dan tujuannya untuk memperbaiki dan meningkatkan pembelajaran  dengan menggunakan metode konstruktivistik.

Hasil Penlitian Penerapan metode konstruktivistik dapat meningkatkan kemampuan dan hasil belajar siswa Peningkatan ini dapat dilihat dari nilai rata-rata siklus I (72,02) dan siklus II (79,32).

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lenia Lenia, SDN 4 PANARUNG

References

Akhadiah, Subarti, dkk. 1997. Ketrampilan Menulis. Depdikbud.
Ade S Permadi, Arna Purtina, Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16:21).
Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama. Jakarta.
Effendi, Uchjana Onong. 1992. Hubungan Masyarakat. Bandung: Remaja Rosdakarya
Ibrahim, R dan Nana Syaodih S. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Kasali, Rhenald. 1993. Manajemen Periklanan. Jakarta: Pustaka Utama Graffiti
Musaba, Zulkifli. 1994. T erampil Menulis. Banjarmasin: Sarjana Indonesia.
Nur, Muhammad. 2001. Pendekatan Konstruktivistik. Surabaya: Pusat Sains dan Matematika Sekolah UNESA.
Nurgiantoro, Burhan. 1987. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa Dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Setiawan, Muhammad Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27:31).
Sudjana, Nana. 2005. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Suryanto, Alex dan Verly, Anita. 2004. Membangun Kompetensi. Jakarta: Esis.
Suyatno. 2004. Teknik Pembelajaran Bahasa Dan Sastra. Surabaya: SIC
Tarigan, Henri Guntur. 1994. Menulis. Jakarta: Balai Pustaka.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.
Tim Penyusun. 2006.Paduan Penulisan Dan Penilaian Skripsi. Surabaya: UNESA.
Yanto, Nur. 2004. Upaya Peningkatan Pembelajaran Kalimat Aktif Dan Pasif Pada Siswa Kelas IA SLTP Negeri Driyorejo Dengan Pendekatan Konstruktivistik. Surabaya: UNES
Published
2021-10-15
How to Cite
Lenia, L. (2021). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Menulis Slogan (BI) Dan Penggolongan Makhluk (IPA) Menggunakan Metode Konstruktivisme. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 42-52. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2827