Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams – Achievement Divisions (STAD) Pada Pembelajaran PAK

Application Of Cooperative Learning Model Type Student Teams – Achievement Divisions (STAD) In PAK

Authors

  • Norenawati Norenawati SDN 1 PALANGKA

DOI:

https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2828

Keywords:

Hasil Belajar, Student Teams Achievement Divisions STAD, Pendidikan Agama Kristen

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh data awal hasil observasi, diketahui bahwa penyebab rendahnya hasil belajar siswa dalam belajar Pendidikan Agama Kristen di kelas VI SDN 1 Palangka adalah karena pembelajaran masih didominasi oleh guru. Untuk meningkatkan hasil belajar,  maka guru menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, tiap-tiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VI yang beragama Kristen yang berjumlah 9 orang. Model Pembelajaran yang digunakan adalah Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams– Achievement Divisions (STAD).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Agama Kristen materi :”Muliakanlah Tuhan dengan Belajar” meningkat. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam siklus I 44% dan siklus II 89%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Norenawati Norenawati, SDN 1 PALANGKA

References

Arikunto, ( 2002). Penelitian tindakan kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Ade S, Arna Purtina, Muhammad Jailani. 2020. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Motivasi Belajar. Tunas: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 6:1(16:21).
Arends, R.I. (2008). Learning to teach: belajar untuk mengajar (ed.7th). (Terjemahan Helly Prajitno S. dan Sri Mulyantini S.). New York: McGraw Hill Companies. (Buku asli diterbitkan tahun 2007).
Hulu, Y., Teo, F.P. (2010). Hidup yang berubah. Jakarta. BPK Gunung Mulia.
Hutabarat, O.R. (2005). Model-model pembelajaran aktif. Bandung: Bina Media Informasi.
Joyce, B., Weil, M., Calhoun, E. (2009). Models of teaching. (Terjemahan Achmad Fawaid dan Ateilla Mirza). USA: Pearson Education. (Buku asli diterbitkan tahun 2009).
Setiawan, Muhammad Andi dan Agung Riadin. 2021. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Peserta Didik Dengan Bimbingan Teman Sebaya Berbasis Nilai-Nilai Huma Betang. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia). 6:1(27-31).
Slavin, R.E. (2009). Cooperative learning: theory, research and practice. (Terjemahan Nurulita). London: Allimand Bacon. (Buku asli diterbitkan tahun 2005).
Sudjana, N. (2010). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Wiriaatmadja, R. (2009). Metode penelitian tindakan kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2021-10-15

How to Cite

Norenawati, N. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams – Achievement Divisions (STAD) Pada Pembelajaran PAK: Application Of Cooperative Learning Model Type Student Teams – Achievement Divisions (STAD) In PAK. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 53–58. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2828