Keefektifan Penggunaan Media Video Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI Sma Sabilal Muhtadin Banjarmasin

The Effectiveness Of The Use Of Creative Economy Based Video As The Teaching Media For Learning Short Stories Writing For The Students At Class XI Sma Sabilal Muhtadin Banjarmasin

  • Rully Rezki Saputra Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rahma Pitria Ningsih Politeknik Negeri Banjarmasin
  • Rahmah Rahmah Politeknik Negeri Banjarmasin
Keywords: Keefektifan, Media Video Ekonomi Kreatif, Pemberlajaran Menulis Cerpen

Abstract

Di era modern saat ini, pengajar dituntut kreatif dan inovatif untuk bisa memanfaatkan media belajar yang sangat kompleks, seperti video, film, televisi, dll. Adanya media yang sesuai, akan memudahkan peserta didik menyerap dan memahami materi pelajaran yang diberikan. Begitu juga dalam pembelajaran menulis cerpen, yaitu dengan menggunakan video berbasis ekonomi kreatif sebagai medianya. Diharapkan dengan adanya video tersebut, dapat membuka wawasan peserta didik dalam menuangkan ide-idenya dalam membuat cerpen yang bertemakan ekonomi kreatif.

Berhubungan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan menulis cerpen tanpa dan diajarkan dengan media video berbasis ekonomi kreatif serta untuk membuktikan apakah penggunaan media video berbasis ekonomi kreatif efektif dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas XI SMA Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Selanjutnya, penelitian ini digolongkan penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Adapun, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keterampilan menulis cerpen siswa tanpa menggunakan media video berbasis ekonomi kreatif (pretes) berada pada kategori sangat rendah dengan nilai rata-rata 43,6 dan yang menggunakan media video berbasis ekonomi kreatif berada pada kategori sedang dengan nilai rata-rata 83,15. 

Selebihnya, adanya pengaruh media video ekonomi kreatif terhadap pembelajaran menulis cerpen. Hal itu diperkuat dengan uji hipotesis diperoleh thitung = 15,139 > ttabel = 1,833, dengan α = 0,05 yang membuat hipotesis alternatif (H1) diterima dan hipotesis nol (H0) ditolak.  Saran kepada peneliti pengajar, agar lebih meningkatkan dan memperbanyak referensi mengenai media video berbasis ekonomi kreatif, sehingga dalam penerapannya dapat menjadikan siswa lebih kreatif dalam menulis, khususnya menulis cerpen.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Rully Rezki Saputra, Politeknik Negeri Banjarmasin
Rahma Pitria Ningsih, Politeknik Negeri Banjarmasin
Rahmah Rahmah, Politeknik Negeri Banjarmasin

References

Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran Edisi Revisi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Asep Gunawan, Chandra Anugrah Putra, Muhammad Andi Setiawan. 2020. Implementasi Media Pembelajaran Video Pada Mata Pelajaran Desain Grafis Peserta Didik Kelas X Multimedia Di Smk Karsa Mulya Palangka Raya. Jurnal Teknologi Informasi dan Pendidikan. 13:1(124-127).
Chandra A Putra, M Andi Setiawan, M Jailani, Ade S Permadi. 2019. UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI MENGGUNAKAN MODEL EXPLICIT INSTRUCTION BERBASIS TEKNOLOGI MULTIMEDIA. Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Jabrohim, Chairul Anwar & Suminto A. Sayuti. 2009. Cara Menulius Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
M, Subana dan Sunarti. 2011. Strategi Belajar Mengajar Bahasa Indonesia. Bandung: Pustaka Setia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press
Purnomo, Rochmat Aldy, et al. 2016. Ekonomi Kreatif Pilar Pembangunan Indonesia. Artikel: Nulisbuku.com.
Romadhon, I. F. dan Khoiri, A. A. 2020. Analisis Unsur-Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik dalam Cerpen ةرامع Karya Kamil Kaelani. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab VI, pp. 795–806.
Soebachman, Agustina. 2014. 4 Hari Mahir Menulis Artikel, Cerpen, Novel, Skripsi. Yogyakarta: Syura Media Utama.
Stanton, R. 2012. Teori Fiksi Robert Stanton. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Yunus, Syarifudin. 2015. Kompetensi Menulis Kreatif. Bogor: Ghalia Indonesia.
Published
2021-11-09
How to Cite
Rezki Saputra, R., Pitria Ningsih, R., & Rahmah, R. (2021). Keefektifan Penggunaan Media Video Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Pada Siswa Kelas XI Sma Sabilal Muhtadin Banjarmasin. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(1), 64-71. https://doi.org/10.33084/neraca.v7i1.2891