Penerapan Program Myob Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Di SMKN 2 Palangka Raya

The Implementation of MYOB Program as A Learning Resource In Accounting Learning On The Eleventh Grade Students of SMKN 2 Palangka Raya

Authors

  • Arna Purtina Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1036

Keywords:

Penerapan, Program MYOB, Sumber Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menganalisis tentang: (1) Penerapan program MYOB sebagai sumber belajar dalam pembelajaran akuntansi, (2) Faktor pendukung dan penghambat program MYOB sebagai sumber belajar dalam pembelajaran akuntansi. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sebagai informan utama adalah guru akuntansi, siswa kelas XI Akuntansi dan Operator laboratorium. Pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Dengan prosedur pengolahan data mulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan program MYOB pada SMK Negeri 2 Palangka Raya, adanya input proses dan output dalam pembelajaran akuntansi. Jenis Program MYOB yang dipelajari sekarang hanya program MYOB Acounting. Dari program MYOB siswa mendapatkan pemahaman dalam belajar akuntansi, meskipun ada kesulitan mereka mengatasi dengan bekerja sama dengan teman-teman. Program ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar karena dapat mencapai mencapai kompetensi tertentu. (2) Faktor pendukung program MYOB sebagai sumber belajar dalam pembelajaran akuntansi. Faktor pendukung: (a) Tersedia laptop, LCD di Laboratorium sangat mendukung proses pembelajaran, (b) Siswa memiliki kemauan yang kuat dan disiplin yang tinggi serta adanya perhatian dan pengawasan orang tua akan lebih bersemangat dalam belajar akan menimbulkan ketekunan belajar yang pada akhirnya akan mudah dalam meraih prestasi belajar yang optimal. Faktor penghambat: (1) Faktor Intern: laptop sering lambat saat digunkaan akibat virus, program MYOB yang di pelajari hanya program MYOB Acounting, kurangnya rasa tanggung jawab dalam menggunakan fasilitas laboratorium akuntansi jumlah laptop masih minim, menu dalam program MYOB tersedia dalam bahasa inggris, kemampuan pemahaman siswa saat pembelajaran berbeda-beda. (2) Faktor Ekstern: listrik padam mengakibatkan aktivitas praktek terhambat, laboratorium akuntansi digunakan secara bergantian.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Arna Purtina, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abdul Wahab, Solichin. 1990. Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ali, Lukman. 1995. Kamus Besar Bahasa Indonesia.Balai Pustaka.
A.M, Sardiman. 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : Rajagfindo Persada.
Association for Educational Communication and Technology (AECT), 1994. Definisi Teknologi Pendidikan, diterjemahkan oleh: Yusufhadi Miarso, dkk, Cetakan kedua, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Badudu J.S dan Zain, Sutan Mohammad, 1996. Kamus Umum Bahasa
Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.
Bogdan, Biklen, 1982. Pengantar studi Penelitian, Bandung: PT ALFABETA.
Iskandar, 2009. Psikologi Pendidikan Sebuah Orientasi Baru. Ciputat: Gaung Persada (GP) Press.
Jessica, S. E. 2008. Pratikum Akuntansi Manual dan komputerisasi dengan MOYB.
Mahmudi, Ali. 2008. Komputerisasi Akuntansi Myob. Jakarta: Grasindo
Miles, Matthew dan Huberman, A. Michael, 1992. Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tantang Metode-Metode Baru. Jakarta:UI Press.
Moleong, Lexy. J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Rosdakarya.
----------------- 2007 Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset
Udin Saifudin Sa’ud, 2008. Inovasi pendidikan, Bandung : Alfabeta
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dEan R&D. Bandung: Alfabeta.
------------. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta.
Soemarso, S. 2009. Akuntansi Suatu Pengantar, Edisi Kelima. jakarta: salemba empat.
Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya, Jakarta: Rineka
Ahmad harum https://bukunnq.wordpress.com/2011/04/23/sumber-belajar-jenis-jenis-sumber-belajar-dalam-pendiidikan-fungsi-sumber-belajar-kriteria-memilih-sumber-belajar-bagaimana-memanfatkan-lingkungan-sebagai-sumber-belajar-prosedur-merancang-sumb/ (diakses tanggal 23 januari 2017)
http://www.belajarbagus.net/2015/04/pengertian-sumber-belajar.html (diakses tanggal 23 januari 2017)
http://nurul-pai.blogspot.co.id/2013/01/sumber-belajar.html (diakses tanggal 2 desember 2016)
http://rinaazkiamyobakuntansi.blogspot.co.id/ (diakses tanggal 12 februari 2017)
Nurul http://nurul-pai.blogspot.co.id/2013/01/sumber-belajar.html
Shelatrisnawati http://.blogspot.co.id/2016/07/hasil-belajar-komputer akuntansi.html .(diakses tanggal 21 januari 2017)
http://semangka9.blogspot.co.id/2015/02/langkah-langkah-mengerjakan-myob-v18.html (diakses tanggal 14 februari 2017)
http: // id.wordpress.com/tag/makalah. Sumber Belajar untuk Mengefektifkan Pembelajaran (diakses tanggal 16 Juli 2017)

Downloads

Published

2019-10-09

How to Cite

Purtina, A. (2019). Penerapan Program Myob Sebagai Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Akuntansi Pada Siswa Kelas XI Di SMKN 2 Palangka Raya: The Implementation of MYOB Program as A Learning Resource In Accounting Learning On The Eleventh Grade Students of SMKN 2 Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 20–27. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1036