Pengaruh Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Johari Window Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Dalam Komunikasi Antar Teman Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Rembang

Authors

  • Harnanda Nisrina Rosida Universitas PGRI Semarang
  • Siti Fitriana Universitas PGRI Semarang
  • Ismah Ismah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1039

Keywords:

Bimbingan Klasikal dengan Teknik Johari Window, Keterbukaan Diri dalam Komunikasi Antar Teman Sebaya

Abstract

Penelitian dilatar belakangi oleh kurangnya keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan klasikal dengan teknik Johari Window untuk meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Rembang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimental design dengan desain pretest- posttest (one group prettest-posttest). Hasil analisis dengan menggunakan Uji-t. Uji validitas instrument penelitian menggunakan rumus Product Moment dan dilanjutkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Hasil uji validitas instrumen diperoleh butir instrumen yang valid 37 butir dan 3 butir tidak valid digugurkan dengan koefisien reliabilitas sebesar 0,940. Berdasarkan hasil analisis data penelitian setelah mendapatkan perlakuan bimbingan klasikal dengan teknik Johari Window, menunjukkan adanya perkembangan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya. Dari hasil pengujian hipotesis menggunakan rumus t-test diperoleh thitung > ttabel (2.103 > 2,042) dengan taraf signifikansi 5% (0,05) yang berarti bahwa ada pengaruh bimbingan klasikal dengan teknik Johari Window untuk meningkatkan keterbukaan diri dalam komunikasi antar teman sebaya pada siswa kelas XII SMA Negeri 2 Rembang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Harnanda Nisrina Rosida, Universitas PGRI Semarang

Siti Fitriana, Universitas PGRI Semarang

Ismah Ismah, Universitas PGRI Semarang

References

Chaplin, James. P. 2011. Kamus Lengkap Psikologi. Alih bahasa: Kartono. Jakarta: Bima Aksara.
Desmita. 2005. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nurudin. 2017. Ilmu Komunikasi: Ilmiah dan Populer. Jakarta: Rajawali Press.
Supratiknya, A. 1995. Komunikasi Antarpribadi Tinjauan Psikologis. Yogyakarta: Kanisius.
Siwabessy, Louise B. dan Sri Hastuti. 2008. Bahan Ajar Sertifikasi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Jabatan melalui Jalur Pendidikan: Praktik Bimbingan Klasikal. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta dan Dikti Depdiknas.
Setianingsih, Sari Eka. 2015.
Keterbukaan Diri Siswa. Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas PGRI Semarang. Vol. 2 Nomor 2
Oktober ( ISSN 2406-8691)
Yusuf dan Nurihsan. 2008. Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia dan Remaja Rosdakarya.
Zulkarnain, W. 2013. Dinamika Kelompok: Latihan Kepemimpinan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2019-10-09

How to Cite

Rosida, H. N., Fitriana, S., & Ismah, I. (2019). Pengaruh Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Johari Window Untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Dalam Komunikasi Antar Teman Sebaya Pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Rembang. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(2), 45–53. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i2.1039