Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya

Implementation Of Direct Instruction Direct Instruction Model Using Audiovisual Media To Improve The Learning Outcomes Of Scientific Learning In Grade V Students At SDN-1 Langkai Palangka Raya

Authors

  • Dedy Setyawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Agung Riadin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1277

Keywords:

Model Pembelajaran Direct Instruction (DI), Media Audio-Visual, Hasil Belajar IPA

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar dan meningkatkan hasil belajar IPA menggunakan model pembelajaran Direct Instruction (DI) berbantuan media Audio Visual. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian kelas V sebanyak 25 orang peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data didasarkan pada hasil siklus saat proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Aktivitas belajar peserta didik menjadi baik dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instraction (DI) berbantuan media Audio Visual dalam pembelajaran IPA pada peserta didik kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya , aktivitas guru pada siklus I rata-rata 2,3 kategori cukup baik dan siklus II rata-rata 3,5 kategori baik, sedangkan aktivitas peserta didik siklus I rata-rata 2,5 kategori cukup dan siklus II rata-rata 3,5 kategori baik. 2) Dengan menggunakan model pembelajaran Direct Instraction (DI)  berbantuan media Audio Visual pada peserta didik kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya hasil belajar IPA meningkat dengan hasil analisis pada Pra tindakan ketuntasan klasikal yaitu 52% dengan  nilai rata-rata 65, siklus I ketuntasan klasikal yaitu 64% dengan nilai rata-rata 73, dan ketuntasan klasikal siklus II 92% dengan nilai rata-rata 86.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dedy Setyawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Agung Riadin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Depdiknas. 2004. Perpustakaan Perguruan Tinggi: Buku Pedoman, edisi ketiga. Jakarta: Depdiknas.
Diplan & Rini. 2019. Analisis Kesulitan Belajar Dalam Materi Menanggapi Suatu Cerita Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas III Di SD Muhammadiyah. Neraca: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1):32-36.
Jakarta : Prestasi
Mulyasa, E. 2011. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : Rosda.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Ramli, Muhamad & Isnawati. 2016. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS dengan Menggunakan Model Pembelajaran Course Review Horay. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1):6-10.
Setiawan, M Andi & Diplan. 2018. Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DEEPUBLISH.
Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sudjana dan Rivai. 2002. Media Pendidikan. Jakarta: Balai Pustaka.
Suhardjono, Supardi. 2011. Penelitian TindakanKelas. Jakarta: Bumi. Aksara.
Susanto. Ahmad, 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group
Trianto. 2009. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik.

Downloads

Published

2020-03-13

How to Cite

Setyawan, D., & Riadin, A. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Direct Instruction (DI) Berbantuan Media Audiovisual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Peserta Didik Kelas V SDN-1 Langkai Palangka Raya: Implementation Of Direct Instruction Direct Instruction Model Using Audiovisual Media To Improve The Learning Outcomes Of Scientific Learning In Grade V Students At SDN-1 Langkai Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 1–9. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1277