Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mencegah Perilaku Asertif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang

Effectiveness Of Group Group Guidance Services With Sociodrama Techniques To Prevent Assertive Behavior Of Grade VIII Students Of SMP Negeri 6 Semarang

Authors

  • Triana Khikmawati Universitas PGRI Semarang
  • Supardi Supardi Universitas PGRI Semarang
  • Suhendri Suhendri Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1280

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Sosiodrama, Perilaku Asertif

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah perilaku asertif siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian true eksperimental dengan model pretes-postest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah 284 siswa kelas VIII, . Sampel sejumlah 20 siswa dan teknik yang digunakan untuk menentukan jumlah sampel adalah cluster random sampling jumlah cluster random sampling tersebut dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok yaitu 10 siswa kelompok eksperiment dan 10 siswa kelompok kontrol pada kelompok kontrol tidak di berikan treatment. Sugiyono (2007:107) mendefinisikan bahwa penelitian eksperimen yaitu penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap yang lain dalam kondisi yang terkendali.Teknik pengumpulan data yaitu wawancara,dan observasi serta skala psikologis perilaku asertif.Hasil analisis uji hipotesis yang di peroleh thitung 3,74 selanjutnya dikonsultasikan dengan ttabel dengan taraf signifikan 5% (0,5) yaitu 2,101. Hal tersebut menujukan bahwa thitung 3,74 > ttabel atas dasar perhitungan tersebut maka hipotesis alternatif (Ha) yang berbunyi “ ada efektivitas layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah perilaku asertif siswa”diterima kebenaranya pada taraf signifikam 5%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama untuk mencegah perilaku asertif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Triana Khikmawati, Universitas PGRI Semarang

Supardi Supardi, Universitas PGRI Semarang

Suhendri Suhendri, Universitas PGRI Semarang

References

Corey, Gerald. 2010. Teori dan Praktik Konseling & Psikoterapi. Bandung:Refika Aditama.
Corey, Gerland. 2009. Teori dan Praktik Konseling&Psikoterapi. Bandung: Refika Aditama.
Fatmawati & Karyanti. 2018. Efektivitas Layanan Konseling Individu Dengan Pendekatan Realitas Untuk Pemantapan Peminatan Pada Peserta Didik SMAN-2 Palangkaraya. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(2):18-21.
Gunarsa. S.D. 2007. Konseling dan Psikoterapi. Jakarta:Gunung Mulia.
Hamzah. 2006. Orientasi Baru Dalam Psikoterapi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Latipun. 2008. Psikoterapi Konseling. Malang: UMM Press.
Lina, Arlina Sri Wijaya Hidayat, Chadidjah. 2003. Teknik Sosodrama Untuk Meningkatkan Perilaku Asertif. Universitas Sebelas Maret Vol 1 No (2).
Nursalim. 2014. Statregi dan Intervensi Konseling. Akademia Permata.
Prabowo. Sumbodo. 2000. Membangun Perilaku Asertif Pada Komunikasi antara perawat dan pasien Psikomensia. Semarang: Universitas Katholiksoegijapranta. Vol. 1 No (6-20).
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Ratna. 2013. Teknik-Teknik Konseling. Yogyakarta: Deepublish.
Restiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Romlah. 2001. Teori Praktek Bimbingan kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidiakan. Bandung:Alfabeta.
Winkel dan Sri Hastuti. 2012. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Downloads

Published

2020-03-13

How to Cite

Khikmawati, T., Supardi, S., & Suhendri, S. (2020). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Untuk Mencegah Perilaku Asertif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Semarang: Effectiveness Of Group Group Guidance Services With Sociodrama Techniques To Prevent Assertive Behavior Of Grade VIII Students Of SMP Negeri 6 Semarang. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 16–26. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1280