Persiapan Karir Mantan Anak Jalanan Di Panti Pelayanan Sosial Anak “Mandiri” Kota Semarang

Preparation Of Children's Former Career In The "Mandiri" Social Service Children, Semarang City

Authors

  • Mahartini Mahartini Universitas PGRI Semarang
  • Heri Saptadi Ismanto Universitas PGRI Semarang
  • Ismah Ismah Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1283

Keywords:

Persiapan Karir Mantan Anak Jalanan

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh anak jalanan yang memilih hidup di jalanan, di Semarang banyak anak-anak yang hidup di jalanan karena faktor ekonomi sehingga anak putus sekolah yang mengakibatkan anak   memilih hidup di jalanan, anak-anak di jalan melakukan banyak aktivitas seperti mengamen,mengemis, dan lainnya. Dari usia mereka yang masih remaja seharusnya mereka masih berada di sekolah untuk penunjang karir dimasa depan, diperlukan tindakan yang berkesinambungan dalam rangka memberi wadah untuk anak jalanan dalam mengembangkan potensi dan memperluaskan ilmu pengetahuan dalam konteks karir, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persiapan karir mantan anak jalanan di Panti Pelayanan Sosial Anak Mandiri. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode studideskriptif.Subjek penelitian terdiri dari tiga PM (penerima manfaat) dari berbagai kelas keterampilan, tiga guru keterampilan, dan 1 ibu wisma yang menjadi Ibu dari ketiga subjek di Panti Pelayanan Sosial Anak Mandiri Kota Semarang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat lima tujuan yang mempengaruhi persiapan karir anak jalanan di Panti Pelayanan Sosial Anak Mandiri. Hasil ini dibuktikan dari hasil analisis observasi dan wawancara yang dilakukan pada ketiga subjek dan dapat disimpulkan bahwa persiapan karir ditinjau dari tujuan karir berbeda satu sama lain. PM (penerima manfaat) dengan tujuan karir yang sudah terencana dan mampu mempersiapkan karirnya dimasa depan dibandingkan PM (penerima manfaat) dengan belum mempersiapkan karir dimasa depannya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Mahartini Mahartini, Universitas PGRI Semarang

Heri Saptadi Ismanto, Universitas PGRI Semarang

Ismah Ismah, Universitas PGRI Semarang

References

Basrowi, dan Swandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Diplan. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN 5 Panarung Palangka Raya. (Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2009.
Hastuti, Pudji. 2005. Petunjuk Pelaksanaan Pelayanan Sosial Anak Terlantar di dalam Panti. Jakarta : Departemem Sosial Republik Indonesia Direktorat Jendral Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial Direktorat Bina Pelayanan Sosial Anak.
Ismaya, Bambang. 2015. Bimbingan & Konseling Studi, Karir, dan Keluarga. Bandung: PT Refika Aditama
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Kurniasih, Irna. 2001. Pengorganisasian dan Pengembangan Masyarakat dalam Penanganan Anak Jalanan Berbasis Masyarakat. Jakarta: Departemen Sosial Kesejahteraan Anak, Keluarga dan Lanjut Usia.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Sakman, Oktober 2016, STUDI TENTANG ANAK JALANAN (Tinjauan Implementasi Perda Kota Makassar Nomor 2 Tahun 2008 tentang Pembinaan Anak Jalanan, Gelandangan, Pengemis, dan Pengamen di Kota Makassar).Jurnal Supremasi. Volume XI Nomer 2.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Shalahudin, Odi. 2004. Di Bawah Bayang-Bayang Ancaman. Semarang: Yayasan Satara.
Tohirin.2012. Metode Penelitian Kualitatuf dalam Pendidikan dan Bimbingan Konseling. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Downloads

Published

2020-03-13

How to Cite

Mahartini, M., Saptadi Ismanto, H., & Ismah, I. (2020). Persiapan Karir Mantan Anak Jalanan Di Panti Pelayanan Sosial Anak “Mandiri” Kota Semarang: Preparation Of Children’s Former Career In The "Mandiri" Social Service Children, Semarang City. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 40–48. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1283