Identifikasi Potensi Smk Muhammadiyah Sebagai Lembaga Pendidikan Vokasi Yang Berkemajuan: Studi Fenomenologi Terhadap Penerapan Program Revitalisasi SMK Di Indonesia

Identification Of Potential Of SMK Muhammadiyah As A Progressing Vocational Education Institution: A Phenomenology Study Of The Implementation Of Vocational School Revitalization Programs In Indonesia

Authors

  • Dina Rafidiyah Universitas Muhammadiyah Banjarmasin
  • Ahmad Kailani Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1284

Keywords:

SMK Muhammadiyah, Fenomenologi, Perkaderan Muhammadiyah, Revitalisasi SMK

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diharapkan bisa memberikan jalan keluar terhadap permasalahan pengangguran dan kemiskinan, kenyataannya justru lulusan SMK menyumbang angka penggangguran tertinggi di Indonesia. Mengingat peran Muhammadiyah untuk membawa kebaikan bagi lingkungan sekitar, perlu kiranya kita melihat bagaimana peran Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah (SMKM) dalam membina kader-kadernya agar mempunyai keterampilan yang mumpuni agar siap kerja dan pada waktunya akan membesarkan nama Muhammadiyah. Pemerintah membuat kebijakan berupa Revitalisasi SMK untuk meningkatkan mutu lulusan SMK dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan pengangguran dan kemiskinan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman para pimpinan SMKM tentang kebijakan mengenai strategi revitalisasi SMK, permasalahan-permasalahan yang dihadapi, serta harapan mereka terhadap pengembangan SMKM ke depan, terutama untuk meningkatkan kualitas kader Muhammadiyah lulusan SMKM. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi. Wawancara mendalam digunakan untuk mengumpulkan data dari 5 SMKM di Banjarmasin. Berdasarkan wawancara dengan lima Kepala Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah dapat disimpulkan bahwa yang paling penting menurut para kepala sekolah adalah peningkatan kualitas guru produktif yang bersertifikat, peningkatan sarana prasarana sesuai dengan yang ada di DUDI, serta mempersiapkan jenjang karir alumni melalui Uji Sertifikasi Profesi melalui link and match. Sedangkan membangun SAS berbasis SIM, kurikulum berbasis industri, teaching factory, penggunaan video tutorial, pengembangan kearifan lokal, serta peran SMK sebagai pengerak ekonomi lokal, masih perlu disosialisasikan lagi. Untuk bisa melaksanakan revitalisasi SMK perlu bantuan semua stakeholders, baik itu orang tua, pengurus wilayah Muhammadiyah, pengurus daerah Muhammadiyah, pemerintah, maupun masyarakat luas.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dina Rafidiyah, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Ahmad Kailani, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

References

Alviansaf. 2013. Mengenal kawasan ekonomi dan strategis nasional (Telaah singkat KAPET dan KEK). Retrieved March 30, 2019, from https://alviansaf.wordpress.com/2013/08/19/mengenal-kawasan-ekonomi-dan-strategis-nasional-telaah-singkat-kapet-dan-kek/
Alviansaf. 2014. Heart of Borneo: “Paru-paru” dunia di hamparan negara serumpun. Retrieved March 30, 2019, from https://alviansaf.wordpress.com/
Apriliyadi. 2019. Hingga tahap ke-8 Vokasi Industri, diikuti 2074 SMK dan 745 Perusahaan. Retrieved March 11, 2019, from Direktorat Pembinaan SMK website: https://psmk.kemdikbud.go.id/konten/4151/hingga-tahap-ke-8-vokasi-industri-diikuti-2074-smk-dan-745-perusahaan
Berita Satu. (2018a). Ironis, tingkat pengangguran terbuka Indonesia didominasi lulusan SMK - YouTube. Retrieved March 10, 2019, from https://www.youtube.com/watch?v=5WKQWcBmTWY
Berita Satu. (2018b). Respon Jokowi soal tingginya angka pengangguran lulusan SMK - YouTube. Retrieved March 10, 2019, from https://www.youtube.com/watch?v=pq_TNsUjBsI
Berita Satu. (2018c). Sistem kontrak jadi penyebab angka pengangguran lulusan SMK tinggi - YouTube. Retrieved March 10, 2019, from https://www.youtube.com/watch?v=wZmFxWfw5W8
Creswell, J. W. 2012. Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. In Educational Research (Vol. 4). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Fadliansyah, M. E. 2019. Ini syarat SMK dapat bantuan revitalisasi dari pemerintah. Retrieved January 19, 2020, from Gatra.com website: https://www.gatra.com/detail/news/449343/politik/ini-syarat-smk-dapat-bantuan-revitalisasi-dari-pemerintah
Furqoni, R. 2016. Studi kritis terhadap sistem perkaderan Muhammadiyah sebagai sistem penyiapan kader Muhammadiyah. In Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hadam, S., Rahayu, N., & Ariyadi, A. N. 2017. Strategi implementasi revitalisasi SMK. In Buku Serial Revitalisasi SMK. https://doi.org/10.1300/J028v11n01_10
Iqbal, M. 2015. Hingga 2015, Muhammadiyah punya 5.264 sekolah di seluruh Indonesia. Retrieved March 29, 2019, from Detik News website: https://news.detik.com/berita/d-2985113/hingga-2015-muhammadiyah-punya-5264-sekolah-di-seluruh-indonesia.
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Kamdi, W. 2017. Revitalisasi SMK: Mendongkrak unggulan nasional. Direktorat Pembinaan SMK Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Mardani. 2017. Manajemen Pendidikan Kader Muhammadiyah dalam Pembentukan Akhlak Siswa (Studi Kasus di SMK Muhammadiyah 3 Surakarta dan SMK Muhammadiyah 4 Surakarta tahun 2016/2017).
Menara 62. 2019. Mendikbud pantau pelaksanaan program revitalisasi SMK. Retrieved March 11, 2019, from http://menara62.com/2019/02/21/mendikbud-pantau-pelaksanaan-program-revitalisasi-smk/
Moustakas, C. 1994. Phenomenological research methods. Sage Publication, 154–157. https://doi.org/10.4135/9781412995658
Padilla-Díaz, M. 2015. Phenomenology in educational qualitative research: Philosophy as science or philosophical science? International Journal of Educational Excellence, 1(2), 101–110. https://doi.org/10.18562/IJEE.2015.0009
Pahri. 2018. Rakornas SMK Muhammadiyah Indonesia Bangkitkan Semangat Menangi Persaingan | pwmu.co. Retrieved March 29, 2019, from PWMU website: https://pwmu.co/48937/01/11/rakornas-smk-muhammadiyah-indonesia-bangkitkan-semangat-menangi-persaingan/
Pracihara, B. 2017. Instruksi Presiden No 9 tahun 2016 (Revitalisasi SMK) memacu SMK bidang seni dan industri kreatif dalam pengembangan ekonomi kreatif. Seminar Nasional Seni Dan Desain : Membangun Tradisi Inovasi Melalui Riset Berbasis Praktik Seni Dan Desain. FBS Unesa., 313–319.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet : Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Rafidiyah, D., & Kailani, A. 2019. Revitalisasi pengajaran Bahasa Inggris di SMK: Solusi konkrit bagi permasalahan pengangguran di Indonesia. In Rekomendasi kebijakan 100 hari pertama Jokowi-Ma’ruf Amin (p. 140).
Riadin, Agung & Cici Liani Fitriani. 2018. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dengan Berbantuan Media Alat Peraga Konkret Pada Peserta Didik Kelas V SDN-4 Kasongan Baru Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 13(2):1-5.
Rogeleonick, A. 2017. Empat fokus revitalisasi SMK | Direktorat Pembinaan SMK.
Setiawan, M. Andi. 2017. Belajar dan Pembelajaran. Uwais Inspirasi Indonesia.
Sitorus, R. A. 2016. Tantangan dan harapan pendidikan kejuruan di Indonesia dalam mewujudkan Sekolah Menengah Kejuruan yang memiliki daya saing ketenagakerjaan. Retrieved January 17, 2020, from gurusiana website: https://ritaandrianisitorus1.gurusiana.id/article/2017/4/tantangan-dan-harapan-pendidikan-kejuruan-di-indonesia-dalam-mewujudkan-sekolah-menengah-kejuruan-yang-memiliki-daya-saing-ketenagakerjaan-2011072/
Smith, J. A. 2007. Beyond the divide between cognition and discourse : Using interpretative phenomenological analysis in health psychology. https://doi.org/10.1080/08870449608400256
Sulistiobudi, R. A., & Pebriani, L. V. 2018. Efektifitas Career Development Learning Program untuk mengembangkan empliyability pada siswa SMK. Jurnal Psikologi Sains Dan Profesi, 2(3), 229–234. https://doi.org/10.2172/1000008.
Surti, Wayan & Muhammad Jailani. 2017. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ips Dengan Menggunakan Metode Pemberian Tugas Dan Media Kartu Tebak Kata Pada Peserta Didik di SDN 1 Pulau Telo Kuala Kapuas Tahun Ajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2):14-28.
Yusuf, A. R., & Mukhadis, A. 2018. Model pengembangan profesionalitas guru sesuai tuntutan revitalisasi pendidikan vokasi di Indonesia. Lectura : Jurnal Pendidikan, 9(2), 130–139. https://doi.org/10.31849/lectura.v9i2.1613
Zuhron, G. 2016. Sistem Perkaderan Muhammadiyah. Retrieved March 29, 2019, from https://docplayer.info/56227448-Sistem-perkaderan-muhammadiyah.html

Downloads

Published

2020-03-13

How to Cite

Rafidiyah, D., & Kailani, A. (2020). Identifikasi Potensi Smk Muhammadiyah Sebagai Lembaga Pendidikan Vokasi Yang Berkemajuan: Studi Fenomenologi Terhadap Penerapan Program Revitalisasi SMK Di Indonesia: Identification Of Potential Of SMK Muhammadiyah As A Progressing Vocational Education Institution: A Phenomenology Study Of The Implementation Of Vocational School Revitalization Programs In Indonesia. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 49–66. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1284