Penerapan Konseling Life-Skills Dalam Meningkatkan Kebahagiaan Kinerja Bagi Difabel

Application Of Life-Skills Conceling To Improving Performance Happiness For People With Disability

Authors

  • Sesya Dias Mumpuni Universitas Pancasakti Tegal
  • Arif Zainudin Universitas Pancasakti Tegal

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1304

Keywords:

Disabilitas, Pelayanan Publik, Kinerja, Konseling Karier, Hak difabel

Abstract

Masyarakat difabel merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari kita. Banyak dari difabel yang belum dapat merasakan haknya dalam kehidupan. Hal ini menjadikan tingkat kebahagiaan difabel lebih rendah dibandingkan dengan yang lain. Difabel memiliki beragam potensi dalam dirinya dalam kehidupan. Tidak mudah bagi difabel untuk menajalani hidup ditengah stigma masyarakat yang semakin mendiskriminasikan difabel. Sejalan dengan memperjuangkan hak difabel di Indonesia yaitu organisasi Difabel Slawi Mandiri (DSM) yang dalam prosesnya terus memperjuangkan difabel. Tidak banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan organisasi DSM ini ditengah kondisi ini. Perbedaan yang cukup signifikan antara penerimaan masyarakat akan difabel dan orang lain sangat kentara. Penerimaan masyarakat membuat difabel dapat lebih menguatkan dirinya sampai pada level tingkat kebahagiaan yang dimiliki difabel. Tidak hanya manusia pada umumnya yang memiliki tingkat kebahagiaan yang relatif baik, namun hal ini penting dimiliki difabel untuk menajalani kehidupannya. Perlu adanya dukungan yaitu dalam hal psikis dan fisik untuk difabel merasakan kebahagiaan dalam diri. Dukungan psikis yaitu melalui life skills counseling dan fisik melalui outbound training diharapkan dapat memberikan suasana baru yang dapat mendorong dari dalam diri difabel untuk meraih kebahagiaan yang hakiki.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Sesya Dias Mumpuni, Universitas Pancasakti Tegal

Arif Zainudin, Universitas Pancasakti Tegal

References

BAPPEDA dan LITBANG Kelitbangan Partisipatif 2017. Kabupaten Tegal.
Cornish, Jennifer A. Ericson et all. 2010. Handbook of Multicultural Counseling Competencies. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc.
Diplan. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Strategi Pemecahan Masalah Siswa Kelas V SDN 5 Panarung Palangka Raya.(Tesis). DISERTASI dan TESIS Program Pascasarjana UM, 2009.
http://www.bps.go.id/LinkTableDinamis/view/id/1234
http://www.who.int/disabilities/media/news/unconvention/en/
https://www.cdc.gov/ncbddd/disabilityandhealth/disability-inclusion.html
https://www.merdeka.com/sehat/6-pengaruh-kebahagiaan-pada-kesehatan.html
Institute for Economic and Social Research Faculty of Economics and Business – University of Indonesia. 2017. FINAL REPORT - Mapping Persons With Disabilities (PWD) In Indonesia Labor Market. Copyright © International Labour Organization 2017.
Karyanti dan Muhammad Andi Setiawan. 2018. Model Konseling Kelompok Teknik Expresif Writing Berlandaskan Falsafah Dandang Tingang Untuk Meningkatkan Perilaku Respect. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(2):129-136.
Palmer, Stephen. 2010. Konseling dan Psikoterapi. Pustaka Pelajar: Yogyakarta.
Riadin, Agung, dkk. 2017. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1):22-27.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Selayang Pandang Kabupaten Tegal. 2016.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization. 2017. Assessment Tool for Inclusive Cities 2nd Version. UNESCO Copyright
World Health Organization. 2011. World Report on Disability 2011. American Journal of Physical Medicine Rehabilitation Association of Academic Physiatrists, 91, 549. http://doi.org/10.1136/ ip.2007.018143
World Health Organization. 2011. World Report on Disability. WHO Press.
www.cdc.gov/disabilities/

Downloads

Published

2020-03-16

How to Cite

Dias Mumpuni, S., & Zainudin, A. (2020). Penerapan Konseling Life-Skills Dalam Meningkatkan Kebahagiaan Kinerja Bagi Difabel: Application Of Life-Skills Conceling To Improving Performance Happiness For People With Disability. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(1), 90–101. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i1.1304