Struktur Dasar Sastra Lisan Deder

The Basic Structure Of Deder's Oral Literature

Authors

  • Misnawati Misnawati Universitas Palangka Raya
  • Petrus Poerwadi Universitas Palangka Raya
  • Fitria Meta Rosia Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1460

Keywords:

Deder, Representasi, Struktur, kultural

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan struktur sastra lisan deder yang berhubungan dengan struktur dasar  berupa bait dan baris.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan: (1) teknik perekaman, baik audio maupun audiovisual, (2) pencatatan, (3) wawancara yang mendalam, (4) studi kepustakaan dan analisis dokumentasi. Sumber data utama yang dianalisis adalah teks deder yang ada di kota Palangka Raya Kalimantan Tengah.

Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian kualitatif ini mengikuti yang disarankan Lincoln dan Gube, meliputi empat teknik: (1) credibility (kredibilitas,  merupakan kriteria untuk memenuhi nilai kebenaran dari data dan informasi yang dikumpulkan);(2)  transferability (transferbilitas, merupakan kriteria yang digunakan untuk memenuhi kriteria bahwa hasil penelitian yang dilakukan dalam konteks  tertentu dapat ditransfer ke subjek lain yang memiliki tipologi yang sama);(3) dependability (dependabilitas, digunakan untuk menilai apakah proses penelitian kualitatif bermutu atau tidak);dan(4) confirmability (konfirmabilitas,  yaitu kriteria untuk menilai bermutu—tidaknya hasil penelitian).

Data yang telah dikumpul dianalisis dengan menggunakan teori Struktural Dinamik.Teori Struktural Dinamik dimanfaatkan secara metodologis untuk menganalisisrumusan masalah penelitian.Temuan penelitian berupa struktur bait dalam deder, berbentuk: (1) Jumlah bait dalam setiap deder tidak tentu, bergantung topik dan kreativitas pendeder. (2) Setiap bait deder terdiri atas dua baris. (3) Struktur bait deder terdiri atas: pembukaan, isi, dan penutup. (4) Bait pembukaan, isi, dan penutup dinyanyikan oleh pendeder  Perempuan maupun Laki-laki.Struktur baris dalam deder, berbentuk: (1) jumlah kata dalam satu baris adalah tiga sampai tujuh kata. (2) jumlah suku kata dalam setiap barisnya adalah delapan sampai tiga belas suku kata. (3) baris pertama dapat berupa pengumpan, dapat pula bertautan makna dengan baris.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Misnawati Misnawati, Universitas Palangka Raya

Petrus Poerwadi, Universitas Palangka Raya

Fitria Meta Rosia, Universitas Palangka Raya

References

Endraswara, Suwardi. 2013. Metodelogi Penelitian Sastra. Yogyakarta: CAPS.
Militan. 2016. Kabupaten Katingan dalam Angka. Kasongan: Badan Pusat Statistik Kabupaten Katingan.
Misnawati. 2015. “Hiyang Wadian Dayak Maanyan di Kabupaten Barito Timur (Kajian Ekopuitika).” Surabaya: Universitas Negeri Surabaya. (Disertasi, tidak diterbitkan).
Muntazir. 2017. Struktur Fisik dan Struktur Batin pada Puisi Tuhan, Aku Cinta Padamu Karya WS Rendra. Jurnal Pesona, 3 (2):208223.
Nasution, S. 1996. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito.
Ong, Aihwa and Donald Nonin. 1997 .The Cultural Politics of Modern Chinese Transnationalism. New York & London: Routledge.
Pateda, Mansoer. 2010. Semantik. Leksikal. Bandung : Rineka Cipta.
Prawirasumantri, Abud, dkk. 1997. Semantik Bahasa Indonesia. Jakarta:Depdikbud.
Putra, Chandra Anugrah. 2017. Pemanfaatan Teknologi Gadget Sebagai Media Pembelajaran. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(2):1-10.
Ratmanto, Teguh. 2004. Pesan: Tinjauan Bahasa, Semiotika, dan Hermeneutika. Jurnal MediaTor, 5(1): 29-37.
Ratna, Nyoman Kutha. 2013. Teori, Metode,dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Riadin, Agung. 2019. Implementasi Pembelajaran PKn untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):18-28.
Ricoeur, Paul. 2006. Hermeneutik dan Ilmu Sosial, terjemahan Muhammad Syukri. Yogyakarta: Kreasi Wacana.
Setiawan, Eko. 2015. Nilai-Nilai Religius dalam Syair Shalawat Burdah. Jurnal Lingua,10(1): 1--8.
Teeuw, A. 2012. Sastra dan Ilmu sastra. Jakarta : Dunia Pustaka Jaya.
Zaim, M. 2014. Metode Penelitian Bahasa: Pendekatan. . Jakarta : Dunia Pustaka Jaya.

Downloads

Published

2020-09-30

How to Cite

Misnawati, M., Poerwadi, P., & Meta Rosia, F. (2020). Struktur Dasar Sastra Lisan Deder: The Basic Structure Of Deder’s Oral Literature. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 44–55. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1460