Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulation Games Untuk Meningkatkan Manajemen Waktu Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 9 Semarang

The Effect Of Group Counseling Services With Simulation Games Techniques To Improve Learning Time Management Students Of Grade XII SMA Negeri 9 Semarang

Authors

  • Ulfa Luthfiyanti Universitas PGRI Semarang
  • Supardi Supardi Universitas PGRI Semarang
  • Agus Setiawan Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1694

Keywords:

Bimbingan Kelompok, Teknik Simulation Games, Manajemen Waktu Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya manajemen waktu belajar siswa kelas XII SMA Negeri 9 Semarang yang disebabkan kurangnya kemampuan siswa dalam mengatur waktu belajarnya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat manajemen waktu belajar siswa kelas XII SMA Negeri 9 Semarang sesudah diberi treatment layanan bimbingan kelompok dengan teknikSimulation Games.Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan metode penelitian true eksperimental design dengan bentuk pretest-posttest control group design. Sampel yang diambil sebanyak 20 dengan menggunakan multistage sampling yang merupakan kombinasi dua sampling yaitu cluster random sampling dan simple random sampling. Desain penelitian yang digunakan adalah pre-test, treatment, post-test. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2,966 dengan ttabel yaitu 2,101. Hal tersebut menunjukan bahwa thitung = 2,966 >ttabel= 2,101, maka dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulation games untuk meningkatkan manajemen waktu belajar siswa kelas XII SMA Negeri 9 Semarang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ulfa Luthfiyanti, Universitas PGRI Semarang

Supardi Supardi, Universitas PGRI Semarang

Agus Setiawan, Universitas PGRI Semarang

References

Hamalik, Oemar. 2009. PsikologiBelajar dan Mengajar. Bandung:SinarBaruAlgensindo
Hartinah, Sitti. 2009. Konsep Dasar BimbinganKelompok. Bandung: PT RefikaAditama
Haynes, E Marion. 2010. Manajemen Waktu. Jakarta: PT Indeks
Jailani, Muhammad. 2019. Hubungan Status Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Motivasi Anak Untuk Berwirausaha. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):35-42.
Karyanti, Muhammad Andi Setiawan. 2018. Model Konseling Kelompok Teknik Expresif Writing Berlandaskan Falsafah Dandang Tingang Untuk Meningkatkan Perilaku Respect. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(2):129-136.
Majid, Abdul. 2014. StrategiPembelajaran. Bandung: RemajaRosdaKarya
Nurihsan, AchmadJuantika. 2014. Bimbingan dan Konselingdalamberbagailatarkehidupan. Bandung: PT RefikaAditama
Prayitno dan Erman Amti. 2008. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT RINEKA CIPTA
Putra, Chandra Anugrah. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Perancangan dan Kecerdasan Logik-Matematik Terhadap Kompetensi Merancang Web. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2):90-101.
Putra, Chandra Anugrah. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Proyek Perancangan dan Kecerdasan Logik-Matematik Terhadap Kompetensi Merancang Web. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2):90-101.
Riadin, Agung & M. Jailani. 2019. Perbedaan Peningkatan Hasil Belajar Ekonomi Dengan Menerapkan Model Cooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Dan Tipe IOC (Inside Outside Circle) Pada Peserta Didik SMA Muhammadiyah 1 Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan 14(2):60-70.
Riadin, Agung. 2019. Implementasi Pembelajaran PKn untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1):18-28.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek BimbinganKelompok. Malang: Universitas Negeri Malang
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: PT RINEKA CIPTA.
Srijanti, dkk. 2006. Etika Membangun Sikap Profesionalisme Sarjana. Jakarta: GrahaIlmu
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Surya, Mohammad. 2014. Psikologi Guru Konsep dan Aplikasi dari Guru, untuk Guru. Bandung: Alfabeta
Taniredja, dkk. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-09-28

How to Cite

Luthfiyanti, U., Supardi, S., & Setiawan, A. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulation Games Untuk Meningkatkan Manajemen Waktu Belajar Siswa Kelas XII SMA Negeri 9 Semarang: The Effect Of Group Counseling Services With Simulation Games Techniques To Improve Learning Time Management Students Of Grade XII SMA Negeri 9 Semarang. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 27–35. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1694