Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Terhadap Kemandirian Belajar

Group Coaching With Psikodrama Techniques On Learning Independence

Authors

  • Annisa Ul Khusna Universitas PGRI Semarang
  • Arri Handayani Universitas PGRI Semarang
  • Gregorius Rahastono Ajie Universitas PGRI Semarang

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1695

Keywords:

Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama, Kemandirian Belajar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemandirian belajar pada siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap kemandirian belajar siswa kelas X SMK PGRI 2 Taman Pemalang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan adalah true experimental, sampel yang diambil sebanyak 20 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan menggunakan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Data dalam penelitian diperoleh melalui instrument penelitian skala kemandirian belajar. Dari hasil perhitungan pre-test menunjukan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 73,0 sedangkan hasil post-test menunjukan rata-rata kelompok eksperimen sebesar 90,8. Terjadi peningkatan rata-rata kelompok eskperimen sebesar 17,8 poin. Pada perhitungan uji-t diperoleh hasil thitung (2,543) dan ttabel diperoleh pada taraf signifikansi 5% sebesar  (2,101). Maka dapat disimpulkan ada pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terhadap kemandirian belajar siswa kelas XI SMK PGRI 2 Taman Pemalang.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Annisa Ul Khusna, Universitas PGRI Semarang

Arri Handayani, Universitas PGRI Semarang

Gregorius Rahastono Ajie, Universitas PGRI Semarang

References

Asrori. 2015. Perkembangan Peserta didik (Pengembangan Kompetensi Pedagogis Guru). Yogyakarta: Media Akademi.
Desmita.2014. Psikologi Perkembangan Peserta didik. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Elfira, Ninil. 2013. Peningkatan Kemandirian belajar siswa Melalui Layanan Bimbingan kelompok. Jurnal ilmiah Konseling.Vol 2. No 1.
Jamaris, Martini. 2013. Orientasi Baru dalam Psikologi Pendidikan. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Karyanti, Muhammad Andi Setiawan. 2018. Model Konseling Kelompok Teknik Expresif Writing Berlandaskan Falsafah Dandang Tingang Untuk Meningkatkan Perilaku Respect. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2(2):129-136.
Negoro, Suratina tirto. 2008. Kecenderungan Hidup Mandiri. Bandung: Tarsito.
Nurihsan, Achmad Juntika, 2006. Bimbingan dan Konseling Berbagai Latar Kehidupan.Bandung : PT. Refika Aditama.
Pemerintah Indonesia. 2003. Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.
Prawitasari, johana e. 2011. Psikologi Klinis (Pengantar Terapan Makro dan Mikro. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Riadin, Agung, dkk. 2017. Karakteristik Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Dasar Negeri (Inklusi) di Kota Palangka Raya. Anterior Jurnal, 17(1):22-27.
Romlah, Tatiek. 2001. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang : Malang Universitas
Rusman. 2010. Model - model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Safithry, Esty Aryani & Niky Anita. 2019. Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Management Untuk Menurunkan Prasangka Sosial Peserta Didik. Suluh: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(2):33-41.
Setiawan, M Andi. 2015. Model konseling kelompok dengan teknik problem solving untuk meningkatkan self-efficacy akademik siswa. Jurnal Bimbingan Konseling 4(1).
Setyawan, Dedy & Muhammad Fitriadi. Penggunaan Media Tiga Dimensi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Bitnet: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 2(1):1-7.
Tohirin. 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: PT Raja Grafindo.

Downloads

Published

2020-09-29

How to Cite

Ul Khusna, A., Handayani, A., & Rahastono Ajie, G. (2020). Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Terhadap Kemandirian Belajar: Group Coaching With Psikodrama Techniques On Learning Independence. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 15(2), 36–43. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v15i2.1695