Penerapan Strategi Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Siswa

Implementation Of The Think Talk Write Strategy To Improve Student's Storying Skills

Authors

  • Lisda Arianti Smpn Satu Atap 2 Pulau Malan

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i2.2800

Keywords:

Think Talk Write, Meningkatkan Keterampilan, Bercerita

Abstract

Latar belakang pada saat observasi  dengan guru kolaborator Bahasa Inggris kelas IX  bahwa siswa kelas IX cenderung diam, grogi dan malu saat diminta untuk menyampaikan isi cerita. Meihat permasalahan tersebut Sebagai salah satu alternatif pemecahan masalah tersebut, diajukan strategi. Salah satu strategi pembelajaran yang dapat digunakan adalah Think Talk Write (TTW) yang dapat membantu meningkatkan proses keterampilan bercerita.

Penelitian ini termasuk jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IX SMPN Satu Atap 2 Pulau Malan Objek peristiwa yang berupa proses adalah pelaksanaan proses pembelajaran berbicara yang berlangsung pada siswa kelas IX SMPN Satu Atap 2 Pulau Malan dengan penerapan strategi Think Talk Write (TTW). Objek hasil atau produk  penelitian adalah skor  yang diperoleh siswa selama pelaksanaan pembelajaran berdiskusi dengan menggunakan strategi Think Talk Write (TTW).

Pada tahap pratindakan skor rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 16,84 meningkat menjadi sebesar 21,42 pada tahap siklus I. Meningkat lagi menjadi 28,31 pada siklus II. Hasil dari tindakan yang dilakukan hingga siklus II ini telah memenuhi indikator keberhasilan tindakan secara produk yaitu 75% siswa mendapatkan skor lebih atau sama dengan 26. Seluruh siswa telah mendapatkan skor lebih dari atau sama dengan 26.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Lisda Arianti, Smpn Satu Atap 2 Pulau Malan

References

Achmadi, Muchsin. 1998. Materi Dasar Pengajaran Komposisi Bahasa Indonesia. Jakarta:Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Anurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Arihi, La Ode Safiun. 2012. Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model Pembelajaran. Bantul DIY: Multi Presindo.
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik,Cetakan ke 13 Jakarta: Rineka Cipta,
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
De Bono, Edward. 2013. Resolusi Berpikir. Terjemahan Ida Sitompul dan Fahmi Yamani. Bandung: Kaifa.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran.
Madya, Suwarsih. 2006. Teori dan Praktik Penelitian Tindakan. Bandung: Alfabeta. Media Group.
Muarifin, Mohamad. 2011. Modul Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMP. Kediri: Percetakan UNP.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putra Chandra Anugrah, M Andi Setiawan, M Jailani dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Jurnal Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Sanjaya, Wina. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana Prenada
Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Masmedia Buana Pustaka.
Tim Penyusun Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Inggris, Jakarta: Pusat Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Zuriah, Nurul. 2007. Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-09-30

How to Cite

Arianti, L. (2021). Penerapan Strategi Think Talk Write Untuk Meningkatkan Keterampilan Bercerita Siswa: Implementation Of The Think Talk Write Strategy To Improve Student’s Storying Skills. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 16(2), 61–71. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v16i2.2800