Faktor Penghambat Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di Sd Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya

Inhibiting Factors For Students In Online Learning During The Covid-19 Pandemic In Class IV IPA Lessons At Muhammadiyah Pahandut SD Palangka Raya

Authors

  • Lanna Musna Sananta Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Rita Rahmaniati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Fathul Zannah Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3347

Keywords:

Pembelajaran daring IPA, Faktor Penghambat Peserta Didik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor penghambat peserta didik dalam pembelajaran daring masa pandemi COVID-19 pada mata pelajaran IPA kelas IV di SD Muhammadiyah Pahandut. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sumber data dari penelitian ini adalah peserta didik kelas IV, guru kelas IV dan kepala sekolah di SD Muhammadiyah Pahandut Palangkaraya. Pembelajaran yang diteliti adalah pembelajaran IPA secara daring. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data digunakan tiga alur meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan 1) sinyal yang tidak lancar ataupun gangguan jaringan internet, 2) kuota yang terbatas juga merupakan faktor utama yang menghambat peserta didik dalam proses pembelajaran daring. Hal tersebut mengakibatkan peserta didik 3) kurang memahami materi yang disampaikan dan sulit untuk mengerjakan tugas yang diberikan. 4) Keterlibatan orang tua juga merupakan hal yang penting, karena jika peserta didik sulit untuk mengerjakan tugas orang tua peserta didik dapat membantu dalam pengerjaan tugas yang tidak dipahami peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Lanna Musna Sananta, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Rita Rahmaniati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Fathul Zannah, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Diplan dan Setiawan, Andi. 2018. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jawa Tengah: CV Sarnu Untung.19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 241.
Huda, M. 2013. Model pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Kurniati, E. 2020. Analisis Peran Orang Tua Dalam Mendampingi Anak Di Masa Pandemi Covid-19.
Moleong dan Lexy. J. 2017. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Pohan, A.E. 2020. Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Jawa tengah: CV Sarnu Untung.
Rahmawati, N.R, Rosida, F.A., Kholidin, F.I. 2020. Analisis Pembelajaran Daring Saat Pandemi COVID-19. SITTAH: Journal of Primary Education, 1(2), 145.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tahrir, T., Hasan, M., Thaief, I., Supatmingsih, T., Dinar, M., Rahmatullah., Mustari., Ahmad, I.S., dan Nurjannah. 2020. Perubahan Paradigma Pendidikan dan Ekonomi di Masa Pandemi Covid-19: Peluang, Tantangan dan Strategi. Bandung: CV Media Sains Indonesia.
Tarihoran, N.M. dan Cendana, W. 2020. Upaya Dalam Adaptasi Manajemen Kelas Untuk Efektivitas Pembelajaran Daring. Jurnal Perseda, 3(3), 136.

Downloads

Published

2022-03-22

How to Cite

Sananta, L. M., Rahmaniati, R., & Zannah, F. (2022). Faktor Penghambat Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV Di Sd Muhammadiyah Pahandut Palangka Raya: Inhibiting Factors For Students In Online Learning During The Covid-19 Pandemic In Class IV IPA Lessons At Muhammadiyah Pahandut SD Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 32–37. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3347