Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Dan Baca Pada Siswa Kelas II SDN 3 Telangkah Melalui Model Pembelajaran Menyanyi

Efforts to Improve Writing and Reading Skills for Second Grade Students of SDN 3 Steps Through Singing Learning Model

Authors

  • Ristinae Ristinae SDN 3 TELANGKAH

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3349

Keywords:

Meningkatkan Kemampuan Menulis dan Baca, Model Pembelajaran Menyanyi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas siswa dan aktivitas guru pada pembelajaran menulis dan baca dengan menggunakan model pembelajaran menyanyi.Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Perlakuan untuk 2 siklus disamakan hanya perbedaan pada penanaman konsep awal. Pada siklus 1 siswa diminta untuk melantunkan kata dalam bentuk syair yang tepat dan melakukan gerakan pada siklus 2 siswa melakukan permainan dalam bentuk nyanyian

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi presentase peningkatan yaitu Pada siklus I, rata-rata skor menulis permulaan siswa sebesar 69 yang berarti mengalami peningkatan sebesar 22,6 dari hasil pratindakan sebesar 46,6. Kemudian pada siklus II, kemampuan menulis dan baca siswa semakin meningkat, yaitu sebesar 12,6 yang terhitung dari siklus I 69 menjadi 81,6 pada siklus II. Sedangkan dibandingkan dengan hasil skor pratindakan, pada siklus II telah terjadi peningkatan sebesar 35 terhitung dari skor hasil siklus II dikurangi skor hasil pratindakan, yaitu 81,6 dikurangi 46,4. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat sesuai KKM 70. Pada tes pratindakan 10,34% meningkat menjadi 56,62% pada siklus I, meningkat lagi pada siklus II menjadi 100%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ristinae Ristinae, SDN 3 TELANGKAH

References

Akhadiah, S. 1991/1992. Modul Bahasa Indonesia II. Jakarta: P2LPTK.
Arief S. Sadiman. 2002. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada
Azhar Arsyad. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan dasar Dan Menengah.
Degeng, I. N. 1989. Ilmu Pengajaran Taksonomi dan Variabel.Jakarta: Depdikbud
Depdikbud. 1994. Kamus Besar Indonesia.Jakarta: Balai Pustaka
Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No.22 Tahun 2006 tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.
Gordon. T & Burch, N. 1997. Menjadi Guru yang Efektif. Jakarta: Gramedia: Pustaka Utama
Hamalik, O. 1994. Media Pendidikan.Bandung: Citra Aditya Bakti
Henry Guntur Tarigan. 1984. Menulis sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa
Nurgiyantoro,B. 1987. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPEE
Putra, Anugrah Chandra, M Andi Setiawan, M Jailani dan Ade S Permadi. 2019. Upaya Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Menggunakan Model Explicit Instruction Berbasis Teknologi Multimedia. Seminar Internasional Riksa Bahasa.
Sastradiradja, T. dkk. 1971. Pedoman Pembuatan dan Pemakaian Alat-alat Peraga Pendidikan Sekolah Dasar. Jakarta: Depdikbud
Sudjana , N. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.
Syamsi, K. 1999. Peningkatan Keterampilan Siswa SD dalam Menulis. Laporan Penelitian. Yogyakarta: IKIP
Tampubolon. 1991. Mengembangkan Minat dan Kebiasaan Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa
Tasiman, A. 2000. Efektivitas Program D-II Penyetaraan BJJ UT dalam Peningkatan Kemampuan Mengajar SD. Yogyakarta: Thesis PPS
Uzer, M.U. 1996. Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2022-03-23

How to Cite

Ristinae, R. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Dan Baca Pada Siswa Kelas II SDN 3 Telangkah Melalui Model Pembelajaran Menyanyi: Efforts to Improve Writing and Reading Skills for Second Grade Students of SDN 3 Steps Through Singing Learning Model. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 17(1), 46–55. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v17i1.3349