Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Statistika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Pada Siswa SMA.

Experimentation of Cooperative Learning Model Student Teams Type Achievement Division (STAD) and Jigsaw Type in the Subject Statistics Viewed From Learning Activities in High School Students.

  • Muhammad Hamdani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Kooperatif Tipe STAD dan Jigsaw, Aktivitas, Prestasi Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1) manakah yang lebih baik prestasi belajar matematika siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD atau kooperatif tipe Jigsaw, (2) manakah di antara kategori aktivitas belajar siswa yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik,aktivitas tinggi, aktivitas sedang atau aktivitas rendah (3) pada masing-masing model pembelajaran kooperatif tipe (STAD dan Jigsaw) manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, pada masing-masing tingkat aktivitas belajar dan masing-masing tingkat aktivitas manakah yang memberikan prestasi belajar matematika lebih baik, model pembelajaran kooperatif tipe STAD atau tipe Jigsaw. Teknik analisis data adalah analisis varian dua jalan dengan sel tak sama. Dengan menggunakan taraf signifikansi α = 0,05 menunjukkan (1) terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap prestasi belajar matematika pada materi statistika (Fa = 16,9876 > 3,844 = Ftabel), (2) terdapat pengaruh aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi statistika (Fb = 76,1492 > 3,00 = Ftabel), (3) terdapat interaksi antara model pembelajaran dan aktivitas belajar siswa terhadap prestasi belajar matematika pada materi statistika (Fab = 4,94101  3,00 = Ftabel).

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anita Lie, 2010. Cooperative Learning. Jakarta: PT. Gramedia.
Arends, Richard I, 1997. Classroom Instructional and Management. Central Connecticut State University: The Mc Graw-Hill Companies Inc.
Aunurrahman, 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Budiyono, 2003. Metodologi Penelitian Pengajaran Matematika.Surakarta: UNS Press.
Budiyono, 2009. Statistika untuk penelitian.Surakarta: UNS Press
Effandi Zakaria dan Zanaton Iksan, 2007. “Promoting Cooperative Learning in Science and Mathematics Education: A Malaysian Persepective”. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. Volume 3, Nomor 1, page 35-39.
Fengfeng K dan Graboski, B. 2007. “Gameplaying for maths Learning”.British Journal of Educational Technology. Volume 38,Nomor 2, page 249-250.
Herman Hudoyo, 1988. Mengajar Belajar Matematika. Depdikbud, Jakarta P2LPTK.
Mau, Sue and D Ambrosio, Beatriz, 2003. Extending Ourselves: Making Sense of Students Sense-Making. Brisbane. The University of Melbourne. Mathematics Teacher Education & Development. Vol 5. page 44-52
Simon, MA dkk, 2000. Characterizing Underlying the Practice of Mathematics Teacher in Transition. San Diego University. Journal for Mathematics Education San Diego. Vol 15.No.5 Page 305 – 329.
Sardiman A.M, 2009. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Slavin, Robert E, 1994. Educational Psychology: Theory and Practice. Fourth Edition, Massachusets: Allyn and Bacon Publishers.
Slavin. Robert E. 1995. Cooperative Learning Theory and Practice, Second Edition. Boston: Allyn and Bacon Publishers.
Soehardjo,1992. Strategi Belajar Mengajar Matematika.Surakarta: UNS Press.
Trianto, 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif, Berorientasi Konstruktivistik Konsep, Landasan Teoritis-Praktis dan Implementasinya. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Winkel W.S, 1996. Psikologi Pengajaran, Jakarta: Grasindo.
Published
2017-03-01
How to Cite
Hamdani, M. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) dan Tipe Jigsaw Pada Pokok Bahasan Statistika Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Pada Siswa SMA. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(1), 9-26. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i1.413