Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question

Improving Science Learning Outcomes Using Learning Strategies Learning Start With A Question

  • Agung Pribadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Hasil Belajar, Pembelajaran, Start With A Question

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui aktivitas peserta didik dalam kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan strategi Learning Start With A Question, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar IPA pada peserta didik kelas Iva SDS Muhammadiyah Selat Kuala Kapuas setelah menggunakan strategi Learning Start With A Question. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang berusaha memecahkan permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 27 orang peserta didik, 16 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik analisis data didasarkan pada hasil siklus dari tiap proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : (1) Aktivitas peserta didik menggunakan strategi Learning Start With A Question lebih baik dan mengalami peningkatan disetiap siklus. Pada siklus I peserta didik memperoleh nilai dengan rata – rata 3,08 dengan kategori baik, dan siklus II peserta didik memperoleh nilai dengan rata – rata 3,75 dengan kategori baik (2) ada peningkatan hasil belajar IPA melalui penggunaan strategi Learning Start With A Question yang menunjukan dari hasil belajar pada pra tindakan diperoleh rata – rata 37,59 , pada siklus I diperoleh rata – rata 58,33 dan pada siklus II diperoleh rata – rata 81,11 dengan ketuntasan klasikal yaitu 100 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Agung Pribadi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Lecturer of Information Technology Education

Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Ardi, A. Ma, Bahrudin (2013). Penerapan Metode Inkuiri Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran IPA Pada Siswa Kelas V Sdn 5 Mayonglor Kabupaten Jepara.
Ayu Lestari. Fitriani, (2014) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA dengan Menggunakan Metode Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V MIN Selat Hulu Kuala Kapuas.
Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No.23, tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Biro Hukum dan Organisai Sekjend Depdiknas.
Dimyati dan Mudjiono. (2015). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Jalil, Jasman (2014), Panduan Mudah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Jakarta Prestasi Pusat Karya (Group Relasi Inti Media)
Mira.(2015), Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Pendekatan Saintifik pada Peserta Didik Kelas V SDS Muhammadiyah Plus Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2014/2015.
Mularsih, Heni. (2010), Strategi Pembelajaran, Tipe Kepribadian dan Hasil Belajar Bahasa Indonesia pada Siswa Sekolah Menengah Pertama.
Ratna Sari. Selvi, (2013) Upaya Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Metode Demonstrasi Mata Pelajaran IPA Pada SDN-9 Menteng Palangkaraya Tahun
Pelajaran 2012/2013.
Risnawati. Elza Firanda dan Ani Widayanti, (2012). Model Aktif Learning dengan Teknik Learning Start Whit A Question dalam meningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran Akuntansi kelas IX Ilmu Sosial 1 SMA Negri 7 Yogyakarta Tahun Ajaran 2011/2012.
Selberman, Melvin L. (2005), Active Learning (101 Strategi Pembelajaran Aktif), Yogyakarta Yappendis.
Sugiyono.(2013).Metode Penelitian Manajemen, Bandung : Alfabeta, CV
Susanto, M.Pd. Dr. Ahmad, (2012) Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar, Jakarta Prenadamedia Group.
Tim, (2013), Buku Pedoman Penulisan Skripsi, Palangka Raya : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya.
Widyaningsih, Fitria (2013). Peningkatan Kualitaspembelajaran PKn Melalui Model Start Learning By Exchange Greetings And Questions (LEGQ) Berbasis Media Flash card pada Siswa Kelas V SDN Gunungpati 02 Semarang.
Published
2017-03-01
How to Cite
Pribadi, A. (2017). Peningkatan Hasil Belajar IPA Dengan Menggunakan Strategi Pembelajaran Learning Start With A Question. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(1), 27-33. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i1.414