Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X

Development Of Biology Learning Module Biodiversity Material To Boost Science Process Skills and Learning Result For Grade High School

Authors

  • Susilawati Susilawati Universitas Palangka Raya
  • Liswara Neneng Universitas Palangkaraya
  • Yula Miranda Universitas Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v11i2.569

Keywords:

Modul, Keterampilan Proses Sains, Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) analisis kebutuhan modul pembelajaranbiologi hasil pengembangan, 2) bentuk modul hasil pengembangan pembelajaran biologi, 3) peningkatan keterampilan proses sains dan 4) peningkatan hasil belajar siswa dan 5) efektivitas penggunaan modul terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar siswa SMA.Penelitian ini mengacu pada model pengembangan perangkat ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation).Modul pembelajaran biologi materi keanekaragaman hayati dianalisis sesuai kurikulum 2013 baik kompetensi inti (KI), kompetensi dasar (KD), tujuan dan indikator untuk ranah kognitif, psikomotorik dan afektif, serta keterampilan proses sains. Bentuk hasil pengembangan modul keanekaragaman hayati dilengkapi dengan gambar-gambar yang bersifat kontekstual untuk melatih keterampilan proses sains (KPS). Hasil pengembangan modul pembelajaran biologi materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA Kelas X, dengan nilai N-gain sebesar 0,57 kategori sedang, peningkatan ini tidak berbeda signifikan dengan kelas kontrol yakni sebesar 0,51 kategori sedang.Hasil pengembangan modul pembelajaran biologi materi keanekaragaman hayati dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMA Kelas X, dengan nilai N-gain sebesar 0,60 kategori sedang, peningkatan ini tidak berbeda signifikan dengan kelas kontrol yakni sebesar 0,55 kategori sedang.Persentase efektivitas keterampilan proses sains dan hasil belajar pada eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Susilawati Susilawati, Universitas Palangka Raya

Mahasiswa Pascasarjana Progam Studi Biologi

Universitas Palangka Raya

Liswara Neneng, Universitas Palangkaraya

Yula Miranda, Universitas Palangkaraya

References

Citrawathi, D.M, Md. Sutajaya, Pt. Budi Adnyana. 2012. Pengembangan Model Pembelajaran Anatomi dan Fisiologi Manusia Manggunakan Suplemen Bahan Ajar dan Siklus Belajar Berbasis Sains- Teknologi-Masyarakat (STM) di Program Studi Biologi STKIP Singaraja. Laporan Penelitian. Dibiayai oleh Proyek PGSM, IBRD Loan No. 3979-IND.
Daryanto. 2013. Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.
Depdikbud.2003. UU Sistem Pendidikan Nasional. RI. Jakarta
Depdikbud.2008a. UU Sistem Pendidikan Nasional. RI. Jakarta
Depdikbud.2008b. Teknik Peyusunan Modul. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdikbud.2010. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Depdiknas.2008a. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidian Nasional Direktorat Jendral Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.
Depdiknas.2008b. Penulisan Modul. Jakarta: Direktorat Tenaga Kerja Kependidikan
Direktorat Jendral Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Dita, W. Sawitri. 2014. Pengembangan Modul Keanekaragaman Hayati Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Siswa Kelas X SMA. Ejournal Unesa BioEdu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi 3(3): 410-415.
Esmiyati, dkk.2013. Pengembangan Modul IPA Terpadu Bervisi SETS (Science, Environtment, Technology, and Society) Pada Tema Ekosistem. Unnes Science Education 2(1): 180-187.

Downloads

Published

2016-10-05

How to Cite

Susilawati, S., Neneng, L., & Miranda, Y. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa SMA Kelas X: Development Of Biology Learning Module Biodiversity Material To Boost Science Process Skills and Learning Result For Grade High School. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 11(2), 97–109. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v11i2.569