Penggunaan Metode Role Playing Dalam Mata Kuliah Pengembangan Bahasa Daerah Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Authors

  • Ichyatul Afrom Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v10i1.598

Keywords:

Metode RolePlaying

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunakan metode role playing dalam mata kuliah pengembangan Bahasa Daerah pada mahasiswa semester III PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya tahun 2014/2015. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester III PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya tahun 2014/2015 yang berjumlah 35 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari 35 orang mahasiswa, dari dua kelas dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Pengambilan sampel ditentukan dengan teknik penelitian populasi, dengan teknik pengumpulan data pre test dan pos test. Sedangkan teknik analisa data menggunakan rumus uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : hasil belajar Mata Kuliah Pengembangan Bahasa Daerah yang diajar menggunakan metode role playing lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar Mata Kuliah Pengembangan Bahasa Daerah yang diajar menggunakan metode konfensional, mahasiswa terlihat lebih bersemangat dalam proses perkuliahan, karena mereka terlibat langsung dalam proses perkuliahan. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan bahwa t hitung = 3,093 dan t tabel = 1,697 karena t hitung (3,093) > t tabel (1,697), maka hipotesis nol (H0) ditolak. Dengan demikian Ha “ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Mata kuliah Pengembangan Bahasa Daerah ditinjau dari penggunaan metode role playing dengan metode diskusi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Ichyatul Afrom, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Alhafidzh, (2010), http://ziazone.wordpress.com/2011/07/01/pembelajaran-metode-roleplaying pada-pasar-persaingan-sempurna/ 02 Pebruari 2012
Halim, (Depdiknas 2009). Pembelajaran Berbicara. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya
Ihat Hatimah, dkk (2007), Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan, Jakarta : Universitas Terbuka
Moh. Nazir, (2005), Metodologi Penelitian, Bogor : Ghlia Indonesia
Oemar Hamalik, (2005), Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem, Bandung : PT. Bumi Aksara
Sardiman, A. M., (2001), Interaksi dan motivasi Belajar Mengajar, Jakarta : PT. Raja Grafindo.

Downloads

Published

2015-03-04

How to Cite

Afrom, I. (2015). Penggunaan Metode Role Playing Dalam Mata Kuliah Pengembangan Bahasa Daerah Mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Palangkaraya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 10(1), 40–50. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v10i1.598