Penggunaan Media Facebook Untuk Meningkatkan Keterampilan Dan Motivasi Mahasiswa Dalam Menulis Recount Text

  • A’am Rifaldi Khunaifi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Facebook, Recount Text

Abstract

Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui penggunaan Facebook sebagai media belajar recount text untuk meningkatkan kemampuan menulis dan meningkatkan motivasi siswa semester I STAIN Palangkaraya pada tahun akademik 2013/2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara meningkatkan kemampuan menulis siswa di media Facebook l dan meningkatkan motivasi mereka dalam menulis teks recount. Untuk mencapai tujuan, penelitian tindakan yang dirancang dan dilaksanakan melalui pre-test, siklus 1, dan siklus 2.Subjek penelitian ini adalah 32 siswa semester I STAIN Palangkaraya.menggunakan tes tertulis, lembar observasi, dan kuesioner sebagai instrumen pengumpulan data. Ada lima pertemuan dalam penelitian ini. Pertemuan pertama digunakan untuk melakukan pre-test, pertemuan kedua dan ketiga digunakan untuk melakukan siklus 1 dan formatiftest, dan pertemuan keempat dan kelima digunakan untuk melakukan siklus 2 dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan yang signifikan dari prestasi siswa. Rata-rata Para siswa di pre-test adalah (67,75), dalam tes formatif adalah (74,5), dan post-test adalah (79,25). Kemampuan Para siswa dalam menulis (organisasi, isi, tata bahasa, tanda baca, dan gaya dan ekspresi) di setiap tes membaik juga. Hasil lembar observasi menunjukkan bahwa setelah mempelajari teks menulis recount menggunakan media Facebook, para siswa menjadi lebih perhatian, aktif, tertarik lebih tertarik dan lebih serius dalam menulis. Analisis kuesioner menunjukkan bahwa siswa memberikan respon positif terhadap penggunaan Facebook dalam media pembelajaran mereka. Berdasarkan hasil keseluruhan penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Facebook terhadap peningkatan keterampilan dan peningkatan motivasi siswa dalam menulis teks recount.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

A’am Rifaldi Khunaifi, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Anderson, M. and Anderson, K. 1997. Text Type in English 1. South Melbourne: Macmillan.
Bartlett-Bragg, A. 2006. Reflections on Pedagogy: Reframing Practice to Foster Informal Learning with Social Software. Australia. Online.Available http://matchsz.inf.elte.hu/tt/docs/Anne20Bartlett-Bragg.pdf [accessed03/18/13]
Brown, H. D. 2004. Language Assessment: Principles and Classroom Practices. New York: Pearson Education.
Byrne, Donn.1980. Teaching Writing Skill. London; Longman Group Ltd
Blanchard, K. L & Root, C. B. 1984.Ready to Write: First Composition Text. New York: Longman
Brown, H. D. 2004. Language Assessments, Principles and Classroom Practices. New York: Longman.
Boyd, D.M, Ellison, N.B. 2007. Social Network Sites: Definition, History, and Scholarship. Michigan State Unversity. Online.Available athttp://mimosa.pntic.mec.es/mvera1/textos/redessociales.pdf [accessed 03/18/13]
Colton, D. & Covert, R. W. 2007.Designing and Constructing Instruments for Social Research and Evaluation.Jossey-Bass [e-book]. Available at http://ifile.it/h2co6km/0787987840.zip [september 2011]
Derewianka, B. 2004.Exploring How Text Work. Sydney: Primary English Teaching Association.
Eren, O. 2012. Studentsı Attitudes towards Using Social Networking in Foreign Language Classes: A Facebook Example. International Journal of Business and Social Science Vol. 3 No. 20.
Harmer, J. 2001.The Practice of English Language Teaching. London: Longman.
Harmer, J. 2004. How to Teach Writing. Essex: Pearson Education Limited.
Harmer, J. B. 2004.How To Teach Writing.London: Longman Merchant, Guy. 2013. Unravelling the Social Network: Theory and Research. Learning, Media and Technology Vol. 37, No. 1, March 2012, Pp 4–19. London: Routledge. Available a http://www.tandfonline.com/doi/pdf/10.1080/17439884.2011.567992 [accessed
05/31/13]
Ormrod, J.E. 2010. How Motivation Affects Learning and Behavior. Online. Available at http://www.education.com/reference/article/motivation-affects-learningbehavior/[accessed 09/02/13]
Published
2015-03-10
How to Cite
Khunaifi, A. R. (2015). Penggunaan Media Facebook Untuk Meningkatkan Keterampilan Dan Motivasi Mahasiswa Dalam Menulis Recount Text. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 10(1), 51-61. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v10i1.599