Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Peserta Didik Pada MTS. Islamiyah Palangka Raya

Authors

  • Nurhayati Nurhayati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v9i1.614

Keywords:

Kooperatif tipe STAD, Hasil belajar PKn

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dan guru, pengelolaan pembelajaran oleh guru dan hasil belajar PKn peserta didik kelas V I IA p a d a M.Ts. Islamiyah Palangka Raya dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun pelajaran 2013 / 2014 dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik kelas VIIA M.Ts. Islamiyah Palangka Raya yang berjumlah 20 orang. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes, dengan menggunakan analisis data presentase ketuntasan klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar PKn mencapai nilai KKM dimana presentase ketuntasan klasikal 100% dengan rata-rata 89,5; (2) pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD yang sesuai dengan langkah-langkahnya dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan guru serta dapat meningkatkan hasil belajar PKn.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Nurhayati Nurhayati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Depdiknas R.I. 2005. Undang-Undang Republik Indonesia. Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas RI.
Karuru, Perdy. 2004. Penerapan Pendekatan Keterampilan Proses dalam Setting Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD untuk meningkatkan Kualitas Belajar IPA Peserta Didik SLTP. http://www.depdiknas.go.id/jurnal/45/perdy Karuru.htm
Indarwanti. 2013. Penerapan Model Pembelajaran STAD untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SMA Negeri I Samarinda pada Mata Pelajaran Geografi. Tesis.
Jurusan Pendidikan Geografi. Malang : Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.
Mega Irhamna. 2009 . Cooperative Learning dengan Model STAD pada Pembelajaran Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Delitu. Jurnal Penelitian Kependidikan , Tahun 19, Nomor 2, Oktober 2009
Nanik Pudjowati . 2009 . Implementasi Model STAD (Student Teams Achievement Divisions) Sebagai Upaya Peningkatan Apresiasi HAM Pada Peserta Didik Kelas VII SMP 1. Jurnal Lemlit, Volume 3, Nomer 2, Desember 2009
Rusman.2011.Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionaisme Guru.Jakarta:Rajawali Pers.
Safitri Barus, A. (2014). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dengan Menggunakan Animasi Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa. Medan: Pascasarjana Universitas Negeri Medan.
Slavin. 2007 . Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Slavin . 2007. Cooperatif Learning: Teori, Riset, dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Downloads

Published

2014-03-04

How to Cite

Nurhayati, N. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKN Peserta Didik Pada MTS. Islamiyah Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 9(1), 64–69. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v9i1.614