Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Kelas V SDN 1 Saka Lagun Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • Basuki Rahman Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Rita Rahmaniati Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.719

Keywords:

Hasil Belajar, IPA, Model Pembelajaran Mind Mapping

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Meningkatkan aktivitas belajar IPA dengan meggunakan model pembelajaran mind mapping, (2) Meningkatkan hasil belajar IPA dengan meggunakan model pembelajaran mind mapping. Metode yang digunakan peneliti adalah menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang berusaha memecahkan atau menjawab permasalahan yang dihadapi pada situasi sekarang. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 1 Saka Lagun Kabupaten Kapuas yang terdiri dari 19 orang peserta didik, 9 orang laki-laki dan 10 orang perempuan. Untuk teknik pengumpulan data yang digunakan adalah oservasi dan tes. Sedangkan dalam penelitian ini meggunakan analisis nilai rata-rata kelas dan persentase ketuntasan belajar klasikal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar peserta didik kelas V SDN 1 Saka Lagun Kabupaten Kapuas dalam proses pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping dikategorikan baik. Hal ini dibuktikan dengan hasil aktivitas peserta didik dalam mengikuti proses pembelajaran IPA dan dikategorikan baik dengan nilai rata-rata sebesar 2,9 pada sklus I dan meningkat menjadi 3,6 pada siklus II. (2) Ada peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran mind mapping pada peserta didik kelas V SDN 1 Saka Lagun Kabupaten Kapuas. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPA khususnya pada materi peristiwa alam di Indonesia. Pada siklus I perolehan nilai rata-rata peserta didik 67 dengan ketuntasan klasikal 79% dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata-rata 79 dan ketuntasan klasikal 95%.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Basuki Rahman, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Rita Rahmaniati, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Buzan,Tony.(2007).BukuPintarMindMapping.Jakarta:PTGramedia PustakaUtama
Dimyatidan Mudjiono.1999.Belajar dan Pembelajaran.Jakarta: Rineka Cipta
Dwi Siswoyo, dkk. (2007).IlmuPendidikan.Yogyakarta: UNY Pers
Hendra Surya.(2003).KiatMengajakAnakBelajardanBerprestasi.Jakarta:Elex MediaKomputindo.
Hidayati. (2004). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Dasar. Yogyakarta:IKIPYogyakarta
Maskoeri Jasin. (2010).IlmuAlamiah Dasar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
NanaSudjana.(2004).PenilaianHasilProsesbelajarMengajar.Bandung:PT RemajaRosdakarya.
OemarHamalik. (2001).Proses Belajar Mengajar.Bandung: PT BumiAksara. Patta Prayitno Erman Amti. 1997. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling.Jakarta: Depdikbud
Sri Sulistyorini. (2007). Model Pembelajaran IPA Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP. Yogyakarta: TiaraWacana.
Sugiyanto.(2012).KarakteristikSiswaSD.JurnalKependidikanDosenUNY. Hlm 1-7.
Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta:UNY Press. Suharsimi
Surjani Wonorahardjo. (2010). Dasar-dasar Sains, Menciptakan Masyarakat Sadar Sains. Jakarta:Indeks.
Taufik Bahaudin. (1999) . Brainware Management. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.
UsmanSamatowo.(2006).PembelajaranIPAdiSekolahDasar.Jakarta.Bumi Aksara.

Downloads

Published

2018-03-01

How to Cite

Rahman, B., & Rahmaniati, R. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Kelas V SDN 1 Saka Lagun Kabupaten Kapuas Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(1), 1–10. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.719