Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Menjemur Kaos Berbasis Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II-A di SDN-5 Panarung Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017.

  • Agung Riadin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Kurnia Sari Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Hasil Belajar Matematika, Model Pembelajaran Take and Give, Permainan Edukatif, Media Menjemur Kaos

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Aktivitas belajar  peserta didik dalam pembelajaran Matematika pada penerapan  model pembelajaran Take and Give berbantuan media menjemur kaos berbasis permainan edukatif, dan (2) Peningkatan hasil belajar Matematika setelah penerapan  model pembelajaran Take and Give berbantuan media menjemur kaos berbasis permainan edukatif.

Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK).Subjek penelitian adalah peserta didik kelas II-A di SDN-5 Panarung Palangkaraya yang berjumlah 29 orang peserta didik yang sekaligus dijadikan sampel penelitian.Pengumpulan data menggunakan observasi dan tes, sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan teknik analisis ketuntasan klasikal dan individual.

Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa: (1) Aktivitas peserta didik sangat baik dalam pembelajaran Matematika pada penerapan model pembelajaran Take and Give berbantuan media menjemur kaos berbasis permainan edukatif. Peserta didik berperan aktif, termotivasi, saling bekerjasama dengan meningkatkan kosentrasi dan kecepatan berpikir selama proses pembelajaran pada siklus I. Adapun hasil pengamatan aktivitas guru pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh pengamat 1 dan pengamat 2 selama proses pembelajaran Matematika  pada siklus I rata-rata aspek aktivitas guru yaitu 3,74 dengan kriteria sangat baik dan rata-rata aspek aktivitas peserta didik yaitu 3,55 dengan kriteria sangat baik, dan (2) Ada peningkatan hasil belajar belajar Matematika peserta didik setelah penerapan model pembelajaran Take and Give berbantuan media menjemur kaos berbasis permainan edukatif. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar yang dilihat melalui skor rata-rata kelas pada siklus I yaitu 82 dengan kriteria tercapai dan memenuhi KKM 65, mencapai persentase ketuntasan belajar peserta didik secara klasikal yaitu 100%, dengan kriteria ketuntasan klasikal 85%. Dengan ini maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar Matematika setelah menerapkan model pembelajaran Take and Give berbantuan media menjemur kaos berbasis permainan edukatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agung Riadin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Kurnia Sari, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Emzir.(2012). Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2012). Media Komunikasi Pembelajaran.Jakarta:Kencana Prenadamedia Group.
Siregar, Eveline dan Hartini, Nara.(2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.
Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran diSekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Taniredja, Tukiran, dkk. (2010). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Pengembangan Profesi guru. Bandung: Alfabeta, CV.
Published
2019-05-13
How to Cite
Riadin, A., & Sari, K. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Take And Give Berbantuan Media Menjemur Kaos Berbasis Permainan Edukatif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II-A di SDN-5 Panarung Palangkaraya Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(1), 16-23. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.722

Most read articles by the same author(s)