Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Talking Stick Berbantuan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas I SDN-3 Telangkah

  • Dedy Setyawan Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Sefuanie Sarwindae Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Aktivitas, Hasil Belajar, Talking Stick, Media Konkret, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika menggunakan model talking stick berbantuan media konkret; (2) meningkatkan hasil belajar Matematika menggunakan  model talking stick berbantuan media konkret pada peserta didik kelas I SDN-3 Telangkah. Metode dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IB SDN-3 Telangkah yang berjumlah 33 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi dan Tes. Sedangkn teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar peserta didik selama pembelajaran Matematika menggunakan model talking stick berbantuan  media konkret menjadi baik. Hal tersebut sesuai dengan data observasi yakni, pada siklus I memperoleh skor rata-rata 3,25 dengan kriteria baik. (2) Ada peningkatan hasil belajar peserta didik dalam kegiatan pembelajaran menggunakan model talking stick berbantuan media konkretpada pelajaran Matematika yang menunjukkan pada pra tindakan dengan rata-rata 66 dengan presentase 64%. Dan ada peningkatan siklus I dengan rata-rata 87 dengan presentase 100% dengan klasifikasi tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Dedy Setyawan, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Sefuanie Sarwindae, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Abdulhak, I., & Suprayogi, U., (2013), Penelitian Tindakan Kelas Dalam Guruan Nonformal, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada
Arsyad, A., (2014), Media Pembelajaran, Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada
Shoimin,A.,(2014), Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013, Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Sudartik,L., (2016) , Upaya Meningkatkan
Hasil Belajar dengan Menuggunakan Model Proyek Trans Sektor pada Peserta didik Kelas IV SD Muhammadiyah Pahandut Palangkaraya tahun pelajaran 2016/2017.
Suprijono,A., (2009), Cooperative Learning,Yogyakarta : Pustaka Pelajar
Susanto,A., (2013), Teori Belajar Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar, Jakarta : Kencana
Published
2018-03-08
How to Cite
Setyawan, D., & Sarwindae, S. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menggunakan Model Talking Stick Berbantuan Media Konkret Pada Peserta Didik Kelas I SDN-3 Telangkah. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(1), 31-38. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.724

Most read articles by the same author(s)