Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Two Stay Two Stray dan Metode Problem Solving Pada MIs Hayatul Islamiyah Palangka Raya Tahun Pelajaran 2018

  • Karyanti Karyanti Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Noni Andayani Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Keywords: Hasil Belajar IPA, Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Metode Problem Solving

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) medeskripsikan aktivitas belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray danmetode Problem Solving, (2) Meningkatkan hasil belajar IPA peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan metode Problem Solving. Bentuk penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas V MIs Hayatul Islamiyah Palangka Raya berjumlah 12 orang peserta didik yang terdiri dari 5orang laki-laki dan 7 orang perempuan, analisis data menggunakan data kuntitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) aktivitas belajar peserta didik menjadi sangat baik pada saat pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray Dan metode Problem Solving. Siklus I, skor rata-rata aktivitas belajar peserta didik 3,73 dengan kriteria sangat baik, (2) ada peningkatan hasil belajar IPA dengan menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray danmetode Problem Solving. Terlihat dari hasil belajar peserta didik pada tes awal memperoleh nilai rata-rata 58 (di bawah nilai KKM ≥ 65) dengan ketuntasan klasikal 33,33% dengan kriteria tidak tercapai. Siklus I memperoleh nilai rata-rata 88,75 dengan ketuntasan klasikal 100% dengan kriteria tercapai.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Karyanti Karyanti, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
Noni Andayani, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Somadayo, Samsu. (2013). Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Graha Ilmu
Published
2018-03-06
How to Cite
Karyanti, K., & Andayani, N. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Menggunakan Model Two Stay Two Stray dan Metode Problem Solving Pada MIs Hayatul Islamiyah Palangka Raya Tahun Pelajaran 2018. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(1), 48-54. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.740

Most read articles by the same author(s)