Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan Metode Diskusi Kelompok Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-2 Pahandut Tahun Pelajaran 2017/2018

Authors

  • Ady Ferdian Noor Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Fredy Saputra Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.742

Keywords:

Student Facilitator and Explaining, Diskusi Kelompok, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan : (1) Untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik kelas IV SDN-2 Pahandut dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan metode Diskusi Kelompok pada pelajaran Bahasa Indonesia, (2) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia setelah menerapkan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan metode Diskusi Kelompok pada pelajaran Bahasa Indonesia. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN-2 Pahandut yang berjumlah 31 orang dimana terdapat 17 peserta didik laki-laki dan 14 peserta didik perempuan. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus. Sedangkan dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar peserta didik menjadi baik setelah menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan metode Diskusi Kelompok pada pelajaran Bahasa Indonesia, (2) Peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dan metode Diskusi Kelompok pada pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SDN-2 Pahandut semakin meningkat. Hal ini dibuktikan dari pencapaian hasil belajar peserta didik pada hasil pre-test memperoleh nilai rata- rata 65,9 dan ketuntasan secara klasikal 45,16%, termasuk dalam kriteria belum tercapai. Kemudian pada siklus I meningkat yaitu dengan nilai rata- rata 71,74 dan ketuntasan secara klasikal 70,96%, juga masih termasuk dalam kriteria belum tercapai. Kemudian pada siklus II meningkat yaitu dengan nilai rata- rata 73,4 dan ketuntasan secara klasikal 90,32% atau 28 orang peserta didik yang tuntas belajar Bahasa Indonesia dalam materi “Keberagaman Suku Bangsa dan Agama di Negeriku”.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Ady Ferdian Noor, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Fredy Saputra, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Huda, Miftahul. (2013).”Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Tukiran, Efi dan Harmianto, (2014). “Model-model Pembelajaran Inovatif dan Efektif”. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2018-03-06

How to Cite

Ferdian Noor, A., & Saputra, F. (2018). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Menggunakan Model Pembelajaran Student Facilitator And Explaining dan Metode Diskusi Kelompok Pada Peserta Didik Kelas IV SDN-2 Pahandut Tahun Pelajaran 2017/2018. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 13(1), 55–63. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v13i1.742