Implementasi Pembelajaran PKn untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit

Implementation of PKn Learning to Shape Character Personality at Muhammadiyah Elementary School Sampit

Authors

  • Agung Riadin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Ade Salahuddin Permadi Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.828

Keywords:

Pembelajaran PKN, Berkarakter

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan karakter pada mata pelajaran kewarganegaraan. Jenis penilitian ini adalah penelitian kualitatif (penelitian lapangan) studi kasus yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, obserasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah pola berfikir Miles Huberman, yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Pelaksanaan perencanaan pembelajaran karakter mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V SD Muhammadiyah Sampit sudah cukup baik. Hanya saja kekurangan yang terdapat dalam pelaksanaan pendidikan karakter adalah minimnya pengetahuan guru tentang metode-metode yang dapat digunakan dalam menanamkan nilai-nilai karakter. Jadi seharusnya guru tidak hanya menggunakan satu metode saja dalam melaksanakan pendidikan karakter. Selama ini pendidikan karakter hanya dilaksanakan tanpa ada evaluasi yang jelas yang dibuat oleh sekolah ataupun oleh guru. Implementasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan kelas V SD Muhammadiyah Sampit secara garis besar sudah dilaksanakan dengan cukup baik, meskipun masih terdapat beberapa kekurangan yang utamanya adalah tidak adanya evaluasi pembelajaran pendidikan karakter, yang merupakan bagian penting dalam sistem pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Hasbullah.2012. dasar-dasar Pendidikan (Jakarta: PT Raja Grafindo
Mulyasa. 2011. Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Muchlas Samani dkk.2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Samani, Muchlas dkk. 2011. Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sapriya. 2012. Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. DIRJEN PENDIS KEMENAG RI.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: ALFABETA.
Sukardjo. 2009. Landasan Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo
Sutarjo Adisusilo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter. Jakarta: Rajawali Pres
Udin S. Winataputra. 2008. Pembelajaran PKN di SD. Jakarta: Unversitas Terbuka

Downloads

Published

2019-03-06

How to Cite

Riadin, A., & Permadi, A. S. (2019). Implementasi Pembelajaran PKn untuk Membentuk Pribadi yang Berkarakter di SD Muhammadiyah Sampit: Implementation of PKn Learning to Shape Character Personality at Muhammadiyah Elementary School Sampit. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1), 18–28. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.828