Hubungan Kecerdasan Sosial dengan Kemempuan Kerja Sama dalam Kelompok Belajar Mahasiswa PGSD Semester I Universitas Palangka Raya

Relationship between Social Intelligence and the Facilitation of Cooperation in the Study Group of PGSD Students in the First Semester of Universitas Palangka Raya

Authors

  • Ichyatul Afrom Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.834

Keywords:

potensi mahasiswa, metode kerja kelompok, Sikap sosial

Abstract

Dalam penelitian ini terdapat tujuan yang ingin dicapai, oleh peneliti guna memperdalam ilmu pengetahuan dan wawasan yang berkaitan dengan hubungan kecerdasan sosial dengan kerja belajar kelompok peserta didik. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan sosial dengan kemampuan kerja sama dalam  kelompok belajar mahasiswa PGSD Semester 1 Universitas Palangka Raya. Metode penelitian digunakan sebagai acuan peneliti untuk melakukan penelitian, penggunaan metode yang tepat sangat berpengaruh terhadap hasil penelitian, dengan demikian maka penelitian ini menggunakan metode korelsional Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara tingkat kemampuan peserta didik dalam belajar kelompok terhadap tingkat kecerdasan sosial peserta didik, semakin tinggi tingkat keserdasan maka akan berpengaruh positif terhadap kerja sama ketika terlibat dalam kegiatan belajar kelompok. Hal tersebut sesuai dengan hasil analisis yang diperoleh dari pengujian hipotesis dalam penelitian yang peneliti telah lakukan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Huraeroh Abu, & Purwanto , 2005. Dinamika Kelompok, Bandung: Refika Aditama.
Kamus Besar bahasa indonesi, 2005, Jakarta: kompas
Kartadinata Sunaryo, 1999. Bimbingan di Sekolah Dasar, DEPDIKBUD
Margono, 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan.Jakarta:Rineka Cipta.
Muijs, Daniel & Reynolds, David, 2008. Efektive Teaching, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Munandar, Sulaeman, 2000. Ilmu Budaya Dasar, Bandung: Revika Aditama
Nazir, Moh, 2005. Metode Penelitian, Bogor: Ghalia Indonesia.
Roestiyah, N.K.,2008. Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Renika Cipt

Downloads

Published

2019-06-26

How to Cite

Afrom, I. (2019). Hubungan Kecerdasan Sosial dengan Kemempuan Kerja Sama dalam Kelompok Belajar Mahasiswa PGSD Semester I Universitas Palangka Raya: Relationship between Social Intelligence and the Facilitation of Cooperation in the Study Group of PGSD Students in the First Semester of Universitas Palangka Raya. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 14(1), 77–81. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v14i1.834