Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelalajaran Langsung Menggunakan Media Mobil Garis Bilangan Tahun Pelajaran 2016/2017

Authors

  • Agung Riadin Universitas Muhammadiyah Palangkaraya
  • Uswatun Nisa Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i2.854

Keywords:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran Langsung, Media Mobil Garis Bilangan, Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelas IV SDN 1 Sari Makmur selama  proses  pembelajaran matematika dengan menerapkan model pembelajaran langsung menggunakan media mobil garis bilangan, (2) mengetahui peningkatan hasil belajar Matematika pada peserta didik kelas IV SDN 1 Sari Makmur setelah menerapkan model pembelajaran langsung menggunakan media mobil garis bilangan.

Penelitian ini dilakukan pada minggu ke-4 Bulan April 2017 yang berlokasi di SDN 1 Sari Makmur, Jl. Tambun Bungai No. 02 Desa Sari Makmur Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian seluruh peserta didik berjumlah 22 orang peserta didik, 13 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan  tes. Teknik analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Agung Riadin, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

Uswatun Nisa, Universitas Muhammadiyah Palangkaraya

References

Diana. (2014). Penerapan Model Pengajaran Langsung Menggunakan Garis bilangan Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Di Kelas VII SMP Negeri 3 Banawa. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako , Vol. 2, No. 1, 13-22.
Sari, Dhany Efita, dkk. (2013). Penggunaan Model Direct Instruction Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Siswa Melalui Kertas Kerja. Jurnal UNS, Vol 2, No. 1, 11-25.
Sugiyono.(2013).Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.Bandung
Trianto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif Konsep Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Yudhistira, Dadang.(2013).Menulis Penelitian Tindakan Kelas yang APIK. Jakarta : PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Downloads

Published

2017-07-08

How to Cite

Riadin, A., & Nisa, U. (2017). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Dengan Menerapkan Model Pembelalajaran Langsung Menggunakan Media Mobil Garis Bilangan Tahun Pelajaran 2016/2017. Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 12(2), 28–33. https://doi.org/10.33084/pedagogik.v12i2.854